Selasa, 26 Februari 2019

Tavelblog.id : Menumbuhkan Rasa Cinta Indonesia Melalui Travel Dan Wisata

Review travelblog.id

Salah satu fenomena yang membuat miris adalah banyaknya orang Indonesia yang berwisata ke luar negeri. Dan yang lebih miris lagi apabila tujuan wisatanya itu wisata alam, kuliner, dan seni & budaya. Kurang indah apalagi alam Indonesia, kurang enak apalagi makanan Indonesia, kurang kaya dan beragam apalagi seni & budaya Indonesia. Namun kita tidak bisa menyalahkan mereka begitu saja, mungkin mereka tidak mengetahui tempat-tempat wisata menarik di Indonesia, tidak mengetahui makanan-makanan enak Indonesia, juga tidak mengetahaui seni & budaya Indonesia yang begitu beragam.

Oleh karena itu dibutuhkan sumber informasi yang mampu memberikan informasi kepada masyarakat tentang tempat wisata di Indonesia, kuliner Indonesia, dan seni & budaya Indonesia. Patut disyukuri sumber informasi tersebut kini sudah hadir ditengah-tengah kita, namanya travelblog.id
Dengan kehadirannya diharapkan mampu memperomosikan potensi wisata yang ada di Indonesia, sehingga orang tidak terpikir lagi untuk berwisata ke luar negeri.

A.  Berkenalan Dengan Travelblog.Id
TravelBlog.id adalah sarana blog travel dan wisata yang menyediakan tempat bagi para traveller dan wisatawan untuk saling berbagi pengalaman. Pengalaman tersebut bisa ditulis dalam bentuk artikel maupun dalam bentuk video. Setiap artikel dan video yang diterbitkan akan diganjar dengan poin, artikel 50 poin sedangkan video 40 poin. Poin tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai macam hadiah. Berikut hadiah yang disediakan travelblog.id :
·        Tupperware Eco Bottle 750ml - 80 poin
·        Hippo PowerBank ILO F3 12500mAh - 180 poin
·        Sleeping Bag Consina Sleep Warmer - 280 poin
·        Converse Lil Duffle Bag - 380 poin
·        Giordano Sunglasses - 480 poin
·        JBL On-Ear Headphone T450 - 580 poin
·        Bodypack Battle Ground 1.0 - 680 poin
·        Cook Set Eiger Terranova - 780 poin
·        JBL Go 2 Portable Bluetooth Speaker - 880 poin
·        Tenda Consina Magnum 5 - 980 poin
·        Fujifilm Instax Mini 9 - 1080 poin
·        Velbon Videomate 638 Video Tripod - 1180 poin
·        Original Xiaomi Huami Amazfit Bip Lite Youth Smart Watch English - 1280 poin
·        Lowepro DSLR Video Pack 250 AW - 1380 poin
·        Xiaomi Mijia Action Camera 4K International Version - 1480 poin
·        Caterpillar Turbo Spinner 24" Luggage - 1580 poin
·        Casio Baby-G Woman BGD-560-7DR - 1680 poin
·        Casio G-Shock Analog Digital GA-700-1B - 1780 poin
·        Eiger Excelsior 75+15L Borneo - 1880 poin
·        Fujifilm Kamera Instax Mini Neo 90 - 1980 poin
·        Xiaomi Redmi 6 Pro - 2030 poin

Di atas ada disebutkan traveller dan wisatawan, apakah keduanya sama atau berbeda?. Ternyata traveller dan wisatawan dua hal yang serupa tapi tak sama. Keduanya sama-sama orang yang melakukan perjalanan wisata, namun berbeda dalam bersikap. Berikut 10 perbedaan antara wisatawan dengan traveller menurut blog.reservasi.com
1.   Cara Membawa Kamera
Wisatawan : Ketika membawa kamera, biasanya wisatawan akan selalu sibuk mengabadikan hampir semua yang mereka lihat, termasuk foto diri sendiri di tiap tempat.
Traveler : Traveler tidak tampak sibuk memotret tapi lebih menikmati berada di suatu tempat serta berinteraksi dengan sekitarnya termasuk alam dan penduduk.

2.   Cara Berpakaian
Wisatawan : Wisatawan berpakaian seperti biasa mereka berpakaian, atau yang lebih parahnya, mereka memakai kaos bertuliskan “I Love Lombok” di Lombok.
Traveler : Traveler mencari tahu seperti apa gaya orang lokal berpakaian dan berusaha menyesuaikan.

3.   Cara Bepergian
Wisatawan : Bagi wisatawan, dipandu oleh pemandu wisata atau mengikuti paket tur perjalanan dari agen adalah syarat mutlak bepergian.
Traveler : Seorang traveler lebih senang mencari tahu sendiri dan menjelajahi suatu tempat tanpa bergantung pada pihak lain.

4.   Perlengkapan Yang Mereka Bawa
Wisatawan : Wisatawan terlihat menonjol karena selalu membawa kamera, guidebook dan peta ke mana-mana.
Traveler : Traveler lebih suka membawa sedikit barang dan tidak terlihat membawa guidebook.

5.   Rekomendasi Tentang Perjalanan
Wisatawan : Wisatawan sangat mempercayai apa yang ditulis di guidebook.
Traveler : Traveler meminta saran kepada penduduk setempat tentang tempat apa saja yang baik untuk dikunjungi, ini bisa termasuk mencari tahu dari blog-blog pribadi penduduk setempat.

6.   Prioritas Traveling
Wisatawan : Bagi wisatawan, pemandangan adalah nomor 1. Jika pemandangannya tidak seindah yang mereka harapkan, maka mereka akan menilai kota/tempat tersebut jelek.
Traveler : Traveler selalu berusaha belajar bahasa setempat serta senang berbincang dengan orang lokal, juga tertarik mempelajari budaya lokal unik yang berbeda dari tiap tempat.

7.   Tempat Tujuan Traveling
Wisatawan : Wisatawan hanya tertarik mengunjungi semua tempat yang ada di daftar obyek wisata utama.
Traveler : Traveler lebih tertarik mengeksplorasi tempat yang belum terlalu ramai dan memiliki jarak lebih dekat dengan kehidupan nyata penduduk setempat

8.   Makna Bepergian
Wisatawan : Bagi wisatawan, bepergian hanyalah liburan/relaksasi.
Traveler : Bagi traveler, bepergian adalah sebuah journey atau perjalanan.

9.   Makna Kenikmatan Traveling
Wisatawan : Wisatawan mengejar kenikmatan dari apa yang mereka harap mereka lihat.
Traveler : Traveler mendapat kenikmatan dari belajar sesuatu yang baru.

10.       Setelah Bepergian

Wisatawan : Wisatawan pulang membawa ratusan foto untuk dipamerkan di jejaring sosial mereka.
Traveler : Traveler pulang membawa lebih dari itu, yaitu pengalaman dan cara pandang yang baru.

B.  Fitur-Fitur Travelblog.Id
Travelblog.id mempunyai 2 jenis fitur, yaitu fitur user dan fitur umum
1.   Fitur User
Fitur user adalah fitur yang hanya bisa dilihat oleh mereka yang sudah mendaftar sebagai user travelblog.id. Untuk menjadi user travelblog.id sangat mudah, cukup mengisi formulir berikut ini :
Review travelblog.id
Form Pendaftaran User

Setelah mengisi formulir tersebut, travelblog.id akan mengirimkan notifikasi konfirmasi email dan kode. Setelah konfirmasi dan mengisi kode maka sudah terdaftar sebagai user. Fitur user mempunyai 3 kategori yaitu, Artikel, Video, dan Poin
a.   Artikel
Review travelblog.id
Tampilan Kategori Artikel

Pada kategori Artikel ini ada sub 4 kategori lagi yaitu Buat Artikel, Artikel Draft, Artikel Pending, dan Artikel Diterbitkan. Pada sub kategori Buar Artikel berisi form penulisan artikel, form penulisan artikel disini tidak berbeda jauh dengan form penulisan artikel diblog lainnya. Pada sub kategori Artikel Draft berisikan summary artikel dalam bentuk draft, pada sub kategori Artikel Pending berisikan summary artikel yang dipending, begitu juga dengan sub kategori Artikel Diterbitkan berisikan summary artikel yang sudah terbit.

b.   Video
Review travelblog.id
Tampilan Kategori Video

Pada kategori Video ini ada 4 sub kategori lagi yaitu Buat Video, Video Draft, Video Pending, dan Video Diterbitkan. Pada sub kategori Buar Video berisi form pembuatan video, namun disini bukan untuk mengupload video hanya melampirkan link video dari youtube, jadi upload videonya di youtube terlebih dahulu. Pada sub kategori Video Draft berisikan summary video dalam bentuk draft, pada sub kategori Video Pending berisikan summary video yang dipending, begitu juga dengan sub kategori Video Diterbitkan berisikan summary video yang sudah terbit.

c.   Poin
Review travelblog.id
Tampilan Kategori Poin

Pada kategori Poin ini mempunyai 2 sub kategori lagi yaitu Redeem Poin dan Tentang poin. Sub kategori Redeem Poin berisi tentang form penukaran poin, jadi ketika poin sudah banyak disinilah penukarannya dengan berbagai macam hadiah. Pada sub kategori Tentang Poin berisi tentang penjelasan seputar poin, mulai dari apa itu poin, cara mendapatkan poin, penambahan poin, pelanggaran poin, dan masa kadaluwarsa poin.

2.   Fitur Umum
Fitur Umum ini mempunyai 6 kategori yaitu Jalan-Jalan, Kuliner, Tips & Info, Seni & Budaya, Lainnya, dab Sign In berikut pembahasannya :
a.   Jalan-Jalan 
Review travelblog.id
Tampilan Kategori Jalan-Jalan

Pada kategori Jalan-Jalan ini pengunjung  disuguhkan ulasan berbagai tempat wisata di Indonesia. Artikel dikatogori ini lumayan banyak, ada 26 halaman artikel. Kalau saya tidak salah hitung setiap halaman terdiri dari 15 artikel, jika dikalikan dengan jumlah halaman sebanyak 26 berati total artikel dikategori ini 390 artikel. Saya sempat membuka 5 judul artikel, dari kelima artikel tersebut 4 diantaranya melampirkan peta lokasi tempat wisata yang diulas.

b.   Kuliner 
Review travelblog.id
Tampilan Kategori Kuliner

Pada kategori Kuliner ini pengunjung disuguhkan ulasan berbagai makanan dan minuman, diantaranya ada yang khas indonesia, ada juga makanan dan minuman dari negara lain yang dijual di Indonesia.  Selain itu ada juga artikel yang mengulas tentang tempat makan dan minum seperti warung kopi, restoran, maupun cafe. Dari 5 artikel yang saya buka, kelimamya melampirkan peta lokasi. Jumlah artikel kategori ini sebanyak 4 halaman dengan 1 halamannya berisi 15 artikel berarti  ada 60 artikel dikategori ini.

c.   Tips & Info 
Review travelblog.id
Tampilan Kategori Tips & Info

Pada kategori Tips & Info ini pengunjung disuguhkan ulasan berbagai tips dan info yang berkaitan dengan kegiatan wisata dan travel. Dari 5 artikel yang saya buka diantaranya berisikan tips memilih alas kaki, tips travelling murah, tips bulan madu hemat, tips menginap di hotel, dan tips menghemat bagasi. Jumlah artikel kategori ini lumayan banyak, ada 5 halaman dengan 1 halamannya 15 artikel berarti ada 75 artikel dikategori ini

d.   Seni & Budaya 
Review travelblog.id
Tampilan Kategori Seni & Budaya

Pada kategori  Seni & Budaya ini pengunjung disuguhkan ulasan berbagai hal yang berkaitan dengan seni dan budaya indonesia. Dari 5 artikel yang saya buka diantaranya berisikan acara tahunan penggiat sastra dan budaya di borobudur, adat minangkabau, mainan anak-anak tempo dulu, candi arjuna, dan taman budaya garuda wisnu kencana. Jumlah artikel dikategori ini hanya 11 artikel dan 1 video

e.   Lainnya
Pada kategori Lainnya ini mempunyai 3 sub kategori yaitu Berita, Gaya Hidup, Dan Infographic. Pada sub kategori Berita berisi pemberitahuan kepada publik tentang kegiatan yang sedang dilakukan oleh travelblog.id, pada saat ini hanya ada satu artikel yang ada di sini,  yaitu artikel tentang lomba review website travelblog.id.
Review travelblog.id
Tampilan Subkategori Berita

Pada sub kategori Gaya Hidup berisi ulasan tentang bagaimana menikmati hidup. Ada 4 artikel dan 1 video di sub kategori ini. 
Review travelblog.id
Tampilan Subkategori Gaya Hidup

Pada sub kategori infographic berisi berbagai infografis yang berkaitan dengan travel dan lingkungan. Saat ini ada 7 infografis di sub kategori ini, menariknya infografis tersebut bisa didownload, lumayan buat koleksi.
Review travelblog.id
Tampilan Subkategori Infographic

f.     Panduan
Kategori  Panduan ini mempunyai 5 sub kategori, yaitu Ketentuan Membuat Video, Point, Term Of Service, Privacy Policy, dan Disclaimer. Kategori ini sebagian besar berisikan peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh user dalam membuat artikel maupun membuat video agar karyanya dapat diterima travelblog.id dengan baik.

g.   Sign In
Review travelblog.id
Tampilan Kategori Sign In

Kategori Sign In ini tempat mendaftar menjadi user, dan tempat sign in bagi yang sudah mendaftar

Mungkin ada yang bertanya dalam hati untuk apa saya menghitung jumlah artikel tiap kategori, jawabannya karena saya melihat ada ketimpangan yang kontras dalam jumlah artikel, sehingga bisa menjadi masukan bagi travelblog.id agar memperbanyak artikel untuk kategori seni & budaya.

Secara umum  travelblog.id sudah bagus, loadingnya cepat, kategori-kategorinya  sudah mengakomodasi kebutuhan wisata dan travel. Artikelnya pun nyaman dibaca karena dilengkapi dengan gambar, sehingga pembaca bisa melihat dan merasakan apa yang sedang diulas. Dan enaknya lagi tidak ada iklan yang mengganggu ketika membaca artikel.

Bagi mereka yang tidak ingin ketinggalan informasi, travelblog.id menyediakan fasilitas newsletter. Untuk memudahkan pengunjung, travelblog.id juga menyediakan fasilitas search. Namun sayangnya ketika saya mengetikkan “tempat wisata di Aceh”, hasilnya “tidak ada hasil untuk pencarian Anda”. Jadi saya berkesimpulan kekurangan terbesar travelblog.id adalah masih kurang lengkapnya artikel dari seluruh penjuru nusantara, jika ingin menjadikan travelblog.id sebagai referensi wisata dan travel di Indonesia.

C.  Kelebihan Travelblog.Id Untuk Publik
Adapun kelebihan travelblog.id untuk publik adalah :
1.   Melalui kategori jalan-jalannya, travelblog.id membantu mempromosikan tempat-tempat wisata yang di Indonesia
2.   Melalui kategori kulinernya, travelblog.id membantu mempromosikan makanan dan minuman khas Indonesia
3.   Melalui kategori seni & budayanya, travelblog.id membantu memperomosikan keragaman seni dan budaya Indonesia
4.   Dengan kategori-kategorinya yang disebutkan di atas, travelblog.id berkontribusi dalam manumbuhkan rasa cinta Indonesia kepada masyarakat, khususnya generasi muda

D.  Manfaat Travelblog.Id Untuk Publik
Adapun manfaat travelblog.id untuk publik adalah :
1.   Bagi yang hobi menulis, travelblog.id sebagai tempatnya mengasah keterampilan menulis
2.   Bagi yang hobi edit video, travelblog.id sebagai wadah mengasah keterampilan dalam mengedit video
3.   Sebagai wadah menaikkan popularitas karena travelblog.id menampilkan para kontributornya
4.   Sebagai wadah menambah teman sesama kontributor
5.   Menjadi referensi bagi mereka yang akan melakukan travelling atau wisata

Sekarang kamu sudah mengenal travelblog.id, jadi jangan lupa menjadikannya referensi ketika kamu ingin berwisata atau travel, dan jangan lupa juga untuk berbagi cerita setelah kamu pulang. Cerita kamu akan memberikan pengalaman bagi orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEDIH

  Ia ceritakan kepada malam Sebuah kisah yang kelam Ketika hati menjadi ulam Mengenang cinta yang suram   Ia ceritakan kepada bint...