Minggu, 24 Februari 2019

Lomba Blog Deadline Minggu Pertama Maret 2019

Lomba Blog Deadline Minggu Pertama Maret 2019


Sebelum kita masuk kepada daftar lomba blog, ada baiknya kita simak tips menang lomba blog dari Deddy Huang (Koh Huang)  berikut ini :
1.     Sebisa mungkin selalu membaca aturan-aturan yang diminta saja.
Misal, harus ada kata kunci yang disebutkan, link halaman untuk ditautan, atau mengikuti semua akun media sosial dari brand juga termasuk. Sudah sangat jelas sekali dari brand yang menginformasikan lomba yang sedang mereka adakan umumnya mencantumkan poin-poin penting bagi kita untuk diperhatikan.

2.   Temukan tema yang bisa dikaitkan dengan brand.
Tema menjadi hal yang sulit, apalagi kalau tema tersebut memang berbeda dari peserta lainnya. Hal yang tidak terpikirkan oleh orang lain, tapi kita dapat menuliskan dengan sederhana tapi mengena. Namun, beberapa kali juga pernah saya salah membaca dan menafsirkan clue dari tema lomba yang membuat tulisan saya menjadi keluar dari jalur. Kalau sudah begitu, jadikan saja pembelajaran untuk lomba-lomba berikutnya.

3.   Tambahkan gambar atau infografik sebagai penunjang tulisan.
Gambar memang memiliki kalimat yang sulit diungkapkan, kalau kata orang no pic is hoax. Kompetisi menulis blog sekarang bukanlah seperti saat lima tahun silam atau lebih yang mana apa yang dinilai oleh juri adalah murni ditulisan saja. Sebab dulu, ngeblog itu adalah rangkaian kata minim gambar. Relevansi untuk saat ini sepertinya sudah bergeser di mana porsi penilaian tulisan akan tetap ada namun dengen persentase yang sudah tidak besar lagi. Sekarang, kalau kamu jago dalam mengambil foto atau membuat infografik menjadi poin penilaian tambahan. Sering kali, “kami” berjumpa dalam satu tema lomba yang sama dan begitu tahu siapa saja yang ikutan dan mereka “ditakutkan” karena memiliki skill dalam infografik pasti langsung menarik kesimpulan bersama, “Hazek! Wah Wah.. pasti dia lagi nih!” Saya sendiri dengan kemampuan standar dalam infografik pun harus mengakui kemampuan mereka bahwa mereka totalitas dalam mengerjakannya. Kalian luar biasa! *mewek karena kalian ikutan juga jadi nambah saingan hahaha*

Isi tulisan dan infografik yang seimbang sudah tentu akan membawa poin menonjol bagi si blogger. Sebab, selain berhasil mempresentasikan secara kata mereka juga menarik hati juri lewat visualisasi. Terkadang, ada juri yang memiliki sifat visual tentulah mereka akan “memberi tanda” dahulu ke tulisan tersebut. Ini hanya buah pemikiran saya saja.

Lalu, kalau kamu tidak bisa membuat infografik apa tidak bisa menang?
Belum tentu! Jangan langsung underestimate dengan kondisi perlombaan  saat ini. Ada lomba-lomba tertentu yang saya ikutin dan mencoba prediksi siapa yang akan menonjol. Ternyata bukanlah mereka yang saya jagokan. Hasilnya muncul nama blogger-blogger yang mereka memang murni tulisannya mengena di tema dan tidak perlu pakai infografik tapi suguhan foto-foto sebagai pendukung tulisan. Saya rasa ini fair sekali, walaupun tulisan saya kalah dari mereka tapi saya menerima dengan sikap legowo.

4.   Carilah tema lomba yang sesuai kemampuan kita.
Dari sekian banyak jenis lomba yang ada, gampang sekali kita jumpai mulai dari lomba karya tulis, lomba foto di Instagram, lomba video atau lomba menulis di blog. Tentunya senang sekali kalau bisa mengikuti semua lomba yang ada, tapi rasanya sulit untuk mengejar deadline yang begitu ketat kemudian riset tulisan kita. Maka dari itu, carilah tema lomba yang memang diri kita sanggup. Saya pernah mencoba mengikuti lomba bertemakan fashion tapi berhubung saya bukan fashion blogger hasilnya kurang maksimal. Cuma tidak apa-apa sebagai latihan dalam menulis.

5.    Perhatikan deadline lomba.
Acap kali kita suka meremehkan batas waktu lomba karena masih lama. Padahal hari terus berganti dan kadang kita sibuk sampai tidak sadar lupa dengan menulis untuk lomba. Biasanya saya selalu menandai lomba-lomba yang akan saya ikutin kemudian dikerjakan semaksimal mungkin.

6.   Hindarilah untuk mencuri ide tulisan lawan.
Sering kali karena ide kita buntu maka salah satu yang katanya “cara jitu” adalah melirik tulisan punya peserta lain. Berharap melihat kelemahan lawan maka kita bisa mengambil ide lalu ditulis ulang dengan gaya penulisan kita sendiri. Sebenarnya hal tersebut justru membuat kita jadi terpaku dengan ide tulisan lawan daripada kemampuan menulis kita sendiri. Kalau saya sebisa mungkin untuk tidak melihat tulisan lawan sebab akan mengganggu alur cerita yang telah saya buat. Orisinalitas penulisan memang menjadi penilaian, juri yang jeli akan gampang mengetahui mana tulisan yang mencontoh orang lain atau karya sendiri. Baiknya kita mengetik saja terlebih dahulu setelah itu lakukan proofreading akhir untuk mengecek kembali.

7.    Carilah lomba yang sesuai kategori.
Beberapa kali saya mengikuti lomba yang diadakan oleh brand khusus untuk wanita. Walaupun syaratnya pria dan wanita boleh ikut, tapi lebih baik kalian pikir dua kali sebelum ikutan. Biasanya untuk mendongkrak promosi sudah pasti pemenangnya adalah wanita, bukan pria. Dasar saya itu punya rasa penasaran yang tinggi. Tergiur dengan hadiah, maka saya pun mengusahakan untuk mengikuti lomba tersebut. Kenapa saya bisa bilang begitu, ya karena saya sudah mencoba beberapa kali dan hasilnya sesuai prediksi saya kalau kategori produknya kecantikan sudah pasti beauty blogger, kalau produknya pakaian wanita ya jelas sekali fashion blogger. Paham maksudnya kan?

8.   Berdoalah semoga tulisan kita membuahkan hasil #BahagiaItuSederhana.
Tiap saya membagikan hestek tersebut ada perasaan senang karena tulisan saya diapresiasi dengan baik. Artinya ada prestasi baru yang boleh saya banggakan, namun tidak boleh sombong. Eh, kadang dalam lomba memang ada hadiah yang diincar. Beberapa kali saya malahan berharap juaranya bukan juara utama tapi juara 2 atau 3, sebab memang lebih membutuhkan hadiahnya daripada label juaranya. Sebab terlalu berharap juga sering kali kecewa dan jarang menang.

Lomba Blog Club Alacarte
Deadline : 1 Maret 2019
Syarat dan Ketentuan
Lomba Blog Deadline Minggu Pertama Maret 2019

A.  Persyaratan umum lomba blog #AlaReview:
1.      Peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan bukan karyawan Club Alacarte.
2.    Memiliki akun Club Alacarte.
3.    Peserta wajib mengisi form pendaftaran dengan data valid (nama, alamat, email, nomor telepon) dan juga memasukkan link artikel yang dilombakan pada form pendaftaran: bit.ly/AlaReview
4.    Pendaftaran berlangsung dari tanggal 1 Februari - 1 Maret 2019.
5.     Pajak hadiah ditanggung pemenang.
6.    Panitia berhak mendiskualifikasi peserta, apabila melanggar peraturan yang telah ditetapkan.
7.     Peraturan mungkin ditambah/dikurangi sewaktu-waktu, dan apabila terjadi perubahan akan diberitahukan kepada peserta.
8.    Peserta yang berhak berpartisipasi adalah yang sudah terverifikasi menjadi peserta sebelum masa pendaftaran berakhir.
9.    Penilaian dan keputusan mutlak ada di tangan juri.

B.  Persyaratan Khusus Lomba:
a.    Kriteria Blog:
1)     Blog milik pribadi dan aktif (minimal posting1 bulan terakhir sejak lomba dimulai).
2)   Platform user-generated blog seperti Kompasiana, IDNTimes, atau forum seperti Kaskus, Indowebster TIDAK diperbolehkan.

b.   Kriteria Artikel:
1)     Tulisan/materi merupakan karya sendiri (tidak plagiat), tidak mengandung SARA, hate speech, pornografi, kekerasan dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba
2)   Tulisan/materi bukan hasil translator machine
3)   Menggunakan Bahasa Indonesia
4)   Artikel harus di-share di social media (FB, Twitter, Instagram/Instastory)
5)    Artikel minimal terdiri dari 500 kata
6)   Dilarang menggunakan teknik Blackhat SEO apa pun
7)    Artikel yang di upload nantinya harus menyematkan link yang sudah ditentukan

c.    Kriteria Penilaian:
1)     Ide dan kualitas tulisan
2)   Kualitas landing page
3)   Jumlah pembaca
4)   Jumlah referral & sharing di media sosial
5)    Jumlah potensi traffic tertinggi

C.  Hadiah
·        Juara 1: Rp 3.000.000 + 12 Bulan Membership Club Alacarte + Sertifikat
·        Juara 2: Rp 2.000.000 + 12 Bulan Membership Club Alacarte + Sertifikat
·        Juara 3: Rp 1.000.000 + 12 Bulan Membership Club Alacarte + Sertifikat
·        Hadiah Tambahan: 3 Bulan Membership Untuk 100 Pendaftar Pertama


Cara Mengikuti
A.  Follow, Download dan Menggunakan Aplikasi Club Alacarte
3.    Download Aplikasi Club Alacarte
4.    Beri Rating Terbaik Untuk Aplikasi Club Alacarte.
5.     Daftar Gratis Member Club Alacarte.

B.  Unggah Tulisanmu Di Blog
Unggah tulisan yang kamu buat di blog pribadimu. Tulisan tersebut harus mengikuti panduan berikut:
1.      Tulisan kamu terdiri dari minimal 500 kata.
2.    Tulisan harus dilengkapi gambar atau foto. Gambar atau foto pribadi akan lebih disukai. Jika menggunakan gambar atau foto dari legal lain harus menyertakan sumbernya.
3.    Sematkan Dua Hyperlink ke halaman Club Alacarte http://bit.ly/WebAlacarte (Website) & http://bit.ly/AppAlacarte (Download)
4.    Tulisan 100% adalah buatan sendiri, dan merupakan hasil review dari penggunaan aplikasi Club Alacarte. Tidak diperbolehkan copas atau mencontek blog lainnya dan belum pernah di ikut sertakan pada lomba lainnya.
5.     Pastikan tulisanmu menggunakan judul yang menarik.

C.  Daftarkan Tulisanmu menjadi peserta lomba
Setelah tulisanmu selesai dan ter-upload di blog, kamu wajib mengisi form pendaftaran dengan data valid seperti nama, alamat, email, dan nomor telepon. Masukkan juga link artikel yang dilombakan pada form pendaftaran: bit.ly/AlaReview

D. Sebarkan link tulisanmu di media sosial yang kamu miliki.
Setelah kamu upload tulisanmu di blog, sebarkan link tulisan kamu melalui berbagai social media yang kamu miliki. Semakin sering kamu menyebarkan dan semakin banyak orang yang membaca artikelmu, nilai kamu juga akan bertambah besar.

E.  Tulisanmu akan di nilai oleh para pakar
Akan ada 3 juri yang menilai tulisanmu! Mereka adalah:
1.      Dhuha - Co Founder Mantra Creative Studio, Blogger, & Digital Marketing Consultant.
2.    Dion - Marketing Manager Club Alacarte.
3.    Euodia - Head of Marketing Club Alacarte.


Deadline : 2 Maret 2019
Lomba Blog Deadline Minggu Pertama Maret 2019

A.  Syarat dan Ketentuan
1.      Peserta telah terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silakan registrasi terlebih dahulu di Kompasiana.com
2.    Tulisan bersifat baru, orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat), dan tidak sedang dilombakan di tempat lain).
3.    Konten tulisan tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana.
4.    Setelah tayang, Tim Moderator akan memberlakukan kunci artikel pada artikel lomba Anda. Setelah dikunci, Anda tidak dapat melakukan perubahan apapun pada artikel tersebut. Hal ini diberlakukan demi menjaga sportivitas para peserta. Informasi lebih lengkap baca di sini. https://www.kompasiana.com/kompasiana/5befee54c112fe3175157404/fitur-kunci-artikel-untuk-pengalaman-berkompetisi-yang-lebih-sehat-di-kompasiana


B.  Mekanisme
1.      Tema: Memutus Rantai Kemiskinan Demi Keluarga Sejahtera
2.    Tulisan mengenai opini/harapan mengenai Program Keluarga Harapan (PKH) yang dapat memutus rantai kemiskinan keluarga Indonesia agar mereka dapat hidup sehat, sejahtera, dan berpendidikan
3.    Periode: 1 Februari - 2 Maret 2019
4.    Tulisan tidak lebih dari 1.500 kata
5.     Peserta wajib mencantumkan label ProgramKeluargaHarapan dan PKHKemensos dalam setiap tulisan
6.    Tulisan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tema lomba tidak bisa diikutkan lomba.
7.     Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
8.    Pemenang akan diumumkan paling lambat 14 hari kerja setelah periode lomba berakhir

C.  Hadiah
a.     Juara 1: uang tunai sebesar Rp 2.500.000
b.    Juara 2: uang tunai sebesar Rp 2.000.000
c.     Juara 3: uang tunai sebesar Rp 1.500.000
d.    3 Juara Favorite: uang tunai sebesar Rp 500.000 untuk masing-masing pemenang


Deadline : 4 Maret 2019
Syarat dan Ketentuan
Lomba Blog Deadline Minggu Pertama Maret 2019

1.      Tema : Kuliner
2.    Kategori : Makanan & Minuman, Tips, Resep Unik, dan Merchant
3.    Materi :
a.     Makanan atau minuman dari Fitur Kuliner Nusantara
b.    Restoran / destinasi kuliner dari Fitur Wisata Kuliner
c.     Produk katering dari Fitur Katering
d.    Produk kopi dari Fitur Kopi Nusantara
4.    Ketentuan Penulisan:
1)     Terbuka untuk umum
2)   Peserta harus terlebih dahulu membuat akun di www.wakuliner.com
3)   Lomba bersifat individu
4)   Tulisan merupakan karya sendiri bukan meniru atau copy paste tulisan dari orang lain
5)    Karya belum pernah diikut sertakan lomba dan dipublikasikan dimanapun
6)   Lomba boleh diikuti oleh siapa saja dengan usia 16-25 tahun
7)    Wajib melampirkan sumber referensi, jika di dalam artikel ada mengutip tulisan dari karya orang lain
8)   Penggunaan bahasa modern diperbolehkan (tidak mengandung unsur SARA).
9)   Artikel dibuat dengan format doc, menggunakan huruf calibri 11, spasi 1,5, margin standar, jumlah kata 300-500 kata
5.     Ketentuan Gambar :
1)     Peserta harus menyertakan minimal 3 foto
2)   Format foto dibuat dalam bentuk JPG/JPEG
3)   Posisi foto landscape
4)   Ukuran foto 900 x 465px
5)    Foto harus Hi-Res
6)   Foto merupakan karya sendiri tidak boleh mengambil dari sumber lain
7)    Foto akan menjadi hak milik Wakuliner untuk digunakan dalam setiap keperluan promosi dan lain-lain
8)   Foto tidak boleh menyalahi aturan UU Hak Cipta
6.    Ketentuan Pengiriman Artikel :
1)     Peserta dapat mengirimkan lebih dari 1 artikel.
2)   Tuliskan Subjek email: wakulombanulis_nama_kategori artikel (Kuliner, Tips, Resep Unik, dan Merchant)
3)   Cantumkan di badan email:
Nama lengkap :
Alamat lengkap :
No. telp. Yang dapat dihubungi :
Judul artikel :
File Artikel dan File Foto dilampirkan di email.
4)   Jika didalam point #3 semua ketentuan tidak terpenuhi maka dianggap tidak lolos administrasi dan diangggap GUGUR
7.     Hadiah :
a.     Hadiah Pemenang Juara 1 : Voucher Wakuliner senilai Rp 100.000,- + Tumbler
b.    Hadiah Pemenang Juara 2 : Voucher Wakuliner senilai Rp 75.000,- + Tumbler
c.     Hadiah Pemenang Juara 3 : Voucher Wakuliner senilai Rp 50.000,- + Tumbler
d.    Seluruh Peserta mendapatkan sertifikat sebagai Peserta Kompetisi Menulis Artikel Blog di Wakuliner.
8.    Kirim artikel ke email : blog@wakuliner.com
Artikel yang diterima panitia setelah batas waktu yang ditentukan akan dianggap GUGUR dan tidak berhak diikutkan pada lomba.
9.    Periode Lomba : 1 Februari - 4 Maret 2019
10.            Pengirimn Artikel : 1 Februari - 28 Februari 2019
11.  Pengumuman Pemenang : 4 Maret 2019


Deadline : 8 Maret 2019
Lomba Blog Deadline Minggu Pertama Maret 2019

A.  Syarat & Ketentuan Umum
1.      Peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI)
2.    Memiliki akun Jenius Co.Create dengan melakukan registrasi di https://www.cocreate.id/
3.    Peserta mendaftarkan blognya terlebih dahulu melalui form registrasi yang telah tersedia sebagai tanda keikutsertaan lomba.
4.    Pajak hadiah ditanggung oleh Jenius
5.     Peserta wajib follow akun media sosial Jenius di Facebook Page (Jenius Connect), Twitter (@jeniusconnect) dan Instagram (@jeniusconnect).
6.    Setelah artikel blog di-publish, blogger mengirimkan link artikel melalui form “Submit Link Artikel” di laman yang tersedia. Form akan ditutup secara otomatis pada tanggal 8 Maret 2019 pukul 23.59 WIB.
7.     Panitia berhak mendiskualifikasi peserta, apabila melanggar peraturan yang telah ditetapkan.
8.    Hasil keputusan juri terhadap pemenang adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

B.  Periode Lomba
Lomba akan diadakan pada tanggal 8 Februari 2019 – 8 Maret 2019. Waktu penentuan hadiah dilakukan setelah lomba selesai.

C.  Kriteria Blog Peserta Lomba
1.      Usia blog minimal 3 bulan.
2.    Blog aktif yang di update secara berkala (minimal posting 1 bulan terakhir).
3.    Platform user-generated blog seperti Kompasiana, IDNTimes, atau forum seperti Kaskus, Indowebster juga TIDAK diperbolehkan.

D. Hadiah Lomba
5 orang pemenang akan mendapatkan hadiah @ Rp. 2.000.000,- berupa saldo Jenius
Tulisan pemenang akan di-feature pada blog Jenius Co.Create

E.  Tema Lomba & Penulisan Artikel Blog
1.      Tema penulisan: “Cara Jenius Mengelola Keuangan Pribadi”
2.    Artikel yang ditulis minimal 500 kata disertai dengan foto pendukung.
3.    Blog yang dilombakan adalah karya perorangan, orisinil (bukan terjemahan, rangkuman, atau diambil dari tulisan blog lainnya).
4.    Konten artikel pada blog atau website yang didaftarkan tidak melanggar hukum di Negara Kesatuan Republik Indonesia SITUS JUDI, pornografi, dll)
5.     Memiliki profil blog dengan informasi nama dan email yang lengkap dan jelas, bukan anonim.
6.    Artikel hanya boleh di post antara 8 Februari 2019 – 8 Maret 2019
7.     Artikel blog yang dilombakan mengandung konten berikut :
a.     Menceritakan bagaimana cara mengelola keuangan sehari-hari
b.    Diharapkan agar juga menceritakan bagaimana fitur dari Jenius bisa membantu mengelola keuangan sehari-hari
8.    Peserta wajib memberikan link ke https://www.cocreate.id/ dalam artikel yang dilombakan.
9.    Peserta yang sudah mendaftarkan blog-nya, tidak boleh menghapus artikel dan juga link yang menuju cocreate.id.
10.            Peserta wajib mempromosikan hasil tulisan melalui akun media sosial yang dimiliki (diutamakan Instagram dan Facebook), dan men-tag akun @jeniusconnect, dan menyertakan hashtag #jeniuscocreate dan #hari2jenius


Deadline : 9 Maret 2019
Lomba Blog Deadline Minggu Pertama Maret 2019

A.  Syarat dan Ketentuan Lomba
1.      Wajib follow akun instagram “@upt_perpustakaan_unsyiah”.
2.    Wajib memposting info lomba ini di akun instagram pribadi dan tag 5 teman.
3.    Peserta lomba terbuka untuk  umum.
4.    Peserta tidak hanya mendeskripsikan perpustakaan Unsyiah, melainkan dapat menceritakan pengalaman, dampak, atau hal berkesan lainnya berdasar kunjungan ke perpustakaan baik secara langsung atau melalui sumber/referensi.
5.     Peserta mengirimkan Nama Lengkap, Tempat/Tanggal Lahir, Alamat, Nomor Hp/Wa dan Link/URL tulisan yang dilombakan ke link Pendaftaran Blog ULF 2019″.
6.    Bebas menggunakan Blog apa saja (WordPress, Blogspot, Blogdetik, dan sebagainya).
7.     Panjang tulisan minimal 300 kata dan menampilkan foto/ilustrasi yang sesuai.
8.    Penulisan menggunakan Bahasa Indonesia dengan gaya penulisan bebas.
9.    Tulisan bukan hasil copy paste, jika mengutip, wajib mencantumkan sumber/referensi.
10.            Peserta hanya mendaftarkan 1 blog dan 1 tulisan saja..
11.  Tulisan tidak boleh melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun juga.
12.Tulisan tidak boleh bermuatan politik dan SARA.
13.Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun sebelumnya, atau diikutsertakan dalam lomba yang sejenis.
14.Dalam postingan harus ada kata kunci “Unsyiah Library Fiesta 2019”, “UPT. Perpustakaan Unsyiah”, dan “Unsyiah”.
15. Wajib Backlink kalimat “Unsyiah” ke http://library.unsyiah.ac.id/http://etd.unsyiah.ac.id/, dan http://uilis.unsyiah.ac.id/oer

B.  Kriteria Penilaian
1.      Kesesuaian tema.
2.    Kualitas penulisan.
3.    Orisinalitas tulisan.
4.    Kualitas dan kreativitas content (foto, gambar, video, dan lainnya).
5.     Tampilan blog.
6.    Kepatuhan persyaratan dan ketentuan.
7.     Keputusan juri adalah mutlak tidak dapat diganggu gugat.

C.  Matriks Lomba
a.     2 – 9 Maret 2019              : Penyerahan karya
b.    10 – 12 Maret 2019           : Penyeleksian karya
c.     13 – 17 Maret 2019           : Penjurian hasil karya
d.    18 Maret 2019                    : Pengumuman

D. Hadiah
a.     Juara I            : Rp. 3.000.000 dan e-sertifikat
b.    Juara II           : Rp. 2.500.000 dan e-sertifikat 
c.     Juara III         : Rp. 2.000.000 dan e-sertifikat
TOTAL HADIAH : Rp 7.500.000,-

E.  Lain-lain
1.      Hal-hal yang belum jelas dapat dinyatakan langsung ke panitia melalui contact person yang disediakan.
2.    Hal-hal yang belum tercantum dalam petunjuk teknis ini atau adanya perubahan jadwal dan ketentuan lainnya akan diumumkan lebih lanjut.

F.   Contact Person
081360394655  (Auriza Della Satifa)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEDIH

  Ia ceritakan kepada malam Sebuah kisah yang kelam Ketika hati menjadi ulam Mengenang cinta yang suram   Ia ceritakan kepada bint...