Selasa, 30 Oktober 2018

Mau Nambah Iman? Ikut Tour Napak Tilas di Bumi Para Nabi Aja

napak tilas di bumi para nabi

Soleh dan solihun bersahabat sejak kecil. Setelah dewasa keduanya memilih jalan yang berbeda. Soleh, sesuai namanya memilih menjadi seorang ustadz
Sedangkan Solihun memilih menjadi pengusaha. Walaupun berbeda jalur tapi mereka saling dukung. Solihun dengan uang yang dimilikinya membantu Solihun dalam berdakwah. Sedangkan Soleh dengan ilmu agamanya membantu Solihun memantapkan keimanannya
napak tilas di bumi para nabi
Sore itu Soleh bertamu ke rumah Solihun. Rencananya sore ini Soleh akan membagi pengalamannya ikut Tour Napak Tilas di Bumi Para Nabi 
Soleh : Assalamu a’laikum
Solihun : “Wa’alaikum salam”, bergegas membuka pintu
Setelah pintu dibuka “kamu Leh, silahkan masuk!”
Soleh : Terimakasih, Hun

Solihun : Gimana jalan-jalannya Leh, seru nggak?
Soleh : Seru banget Hun, saya sarankan kamu harus ikut Hun

Solihun : “Ceritakan dong keseruannya”
Soleh : “Ini mau diceritakan”. Sambil membetulkan posisi duduknya senyaman mungkin. Jadi Hun Tour Napak Tilas di Bumi Para Nabi itu yang kita kunjungi bukan hanya makam nabi dan rosul. Tapi juga makam-makam tokoh islam, masjid, benda bersejarah, termasuk tempat bersejarah

Kalau saya sendiri hal yang paling luar biasa yang saya rasakan setelah TourNapak Tilas di Bumi Para Nabi menambah keimanan. Karena kita sudah melihat makam, masjid, benda bersejarah, dan tempat bersejarah yang tadinya hanya kita dengar. Dengan melihat langsung semakin memantapkan keyakinan kita

Solihun : Luar biasa ya Leh, makam nabi dan rosul siapa aja yang di ziarahi Leh?
Soleh : Makam nabi dan rosul yang di ziarahi itu, antara lain
1.   Makam Nabi Daniyal
2.   Makam Nabi Harun
3.   Makam Nabi Sholeh
4.   Makam Nabi Yunus
5.   Makam Nabi Musa

Solihun : Subhanallah, kalau makam tokoh islam yang diziarahi Leh?
Soleh : Makam tokoh islam yang diziarahi, antara lain :
1.   Makam Abū ʿAbdullāh Muhammad ibn Idrīs al-Shāfiʿī
2.   Makam cucu Rasulullah SAW
3.   Makam Imam Bushiri
4.   Makam Abu Darda
5.   Makam Rabiah El Adawiyah
6.   Makam Abdurrahman bin Awf
7.   Makam Bilal bin Rabah
8.   Makam Lukmanul Hakim


Solihun : Semoga kita dapat meneladani mereka, kalau mesjid yang dikunjungi Leh?
Soleh : mesjid yang dikunjungi antara lain :
1.   Masjid Al Azhar
2.   Husein Mosque
3.   Masjid Mursi Abu Abbas
4.   Masjid Al-Wadi Al-Muqaddas
5.   Masjid Al-Aqsa
6.   Masjid Omar 
Solihun : Pasti mesjidnya indah-indah ya Leh?
Soleh : Benar Hun mesjidnya indah-indah banget. Tapi diantara mesjid-mesjid tersebut yang paling menarik perhatian saya masjid Al-Aqsa Hun
Solihun : Kenapa Leh?
Soleh : Karena 2 (dua) alasan Hun, yaitu :
napak tilas di bumi para nabi

Alasan Pertama : Masjid ini berada di Palestina banyak disebut dalam Alquran dan hadits.
Ada bermacam konteks situasi penyebutannya, diantaranya :
1.   Tanah yang diberkahi Allah
“Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat,” (QS Al-Isra’, 1).

2.   Tanah yang Dibersihkan dan Dijauhkan dari Kesyirikan
“Wahai kaumku! Masuklah ke tanah suci atau yang disucikan (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu berbalik ke belakang (karena takut kepada musuh), nanti kamu menjadi orang yang rugi,” (QS Al-Maidah, 21).

3.   Tempat Hijrah dan Domisili Para Nabi
“Kami selamatkan dia (Ibrahim) dan Lut ke sebuah negeri yang telah Kami berkahi untuk seluruh alam,” (QS Al-Anbiya’, 71).
“(Kami telah tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami telah memberkatinya. Adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu,” (QS Al-Anbiya’, 81).
“Kami jadikan antara mereka (penduduk Saba’) dan negeri-negeri yang Kami berkahi (Syam yang termasuknya adalah Palestina), beberapa negeri yang berdekatan. Kami tetapkan antara negeri-negeri itu (jarak-jarak) perjalanan. Berjalanlah kamu di negeri-negeri itu pada malam dan siang hari dengan aman,” (QS Saba’,  18).
“Kami telah jadikan (Isa) putra Maryam beserta ibunya suatu bukti yang nyata bagi (kekuasaan Kami), dan Kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar yang banyak terdapat padang-padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir,” (QS Al-Mu’minun, 50).

4.   Tujuan Isra dan Titik Awal Mikraj Nabi Muhammad
Tempat ini adalah tujuan Isra Rasulullah Saw. sekaligus tempat titik awal Mikraj beliau sesuai hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

5.   Masjid yang Menjadi Kiblat Pertama dalam Islam
Masjid ini adalah kiblat pertama umat Islam. Setelah berjalan 16 bulan, barulah Allah Swt. menurunkan ayat agar beribadah menghadap Kakbah. Hal ini dilaporkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya, hadits no. 2836.

6.   Masjid Ketiga yang Paling Utama
Masjidil Aqsa adalah masjid ketiga yang paling utama setelah Masjidilharam dan Masjid Nabawi. Keutamaan lai masjid ini adalah adanya kepastian kabar gembira akan dibukanya Masjidil Aqsa ini (Shahih Bukhari, 2940). Palestina sendiri juga disebut-sebut sebagai tempat pengungsian umat Islam nanti di akhir zaman (Sunan Abi Daud, 2123). Bumi Palestina adalah bumi yang tidak dimasuki Dajjal nanti di akhir zaman (Musnad Imam Ahmad. 22011).

Palestina juga disebut sebagai tempat keluarnya Nabi Isa nanti di akhir zaman untuk memerangi Dajjal (Sunan Ibnu Majah: 4067). Di sana pula tempat rusak dan binasanya Yakjuj dan Makjuj nanti di akhir zaman (Shahih Muslim), dan masih banyak lagi jika dicermati dan dikaji dalam Al-Qur’an dan hadits-hadits.

Alasan Kedua : Kemegahan Masjid ini
Desain arsitekturnya yang memadukan unsur tradisional dengan sedikit sentuhan modern. Masjid ini memiliki tujuh buah lorong yang ditunjang oleh tiang-tinga melengkung bergaya hypostyle nave, serta dilengkapi beberapa ruang kecil tambahan di sisi sebelah barat dan timur.

Terdapat pula 121 jendela kaca patri dari era Abbasiyah dan Fatimiyah yang berdiri kokoh hingga saat ini. Sebagian besar ruangan Masjid Al Aqsa didominasi marmer berwarna putih dengan balutan karpet merah yang terlihat anggun.

Solihun : Kalau benda bersejarah yang dikunjungi Leh?
Soleh : Benda bersejarah yang dikunjungi, antara lain :
1.   ‘Uyun Musa yaitu sumur air nabi Musa yang berjumlah 12
2.   Pohon Yang Terbakar pada saat Allah SWT berbicara langsung kepada Nabi Musa
3.   Surat Perjanjian / Jaminan Nabi Muhammad SAW kepada umat Kristen yang hidup dibawah kepemimpinan Islam.

Solihun : Kalau tempat bersejarah yang dikunjungi Leh?
Soleh : Tempat bersejarah yang dikunjungi, antara lain :
1.   Laut Merah yaitu tempat ditenggalamkannya Fir’aun
2.   Ashabul Kahfi yaitu gua tempat berlindungnya tujuh pemuda dari penguasa zalim, yang kisahnya diabadikan dalam surah Al-Kahfi
3.   Gunung Sinai, yaitu tempat nabi Musa menerima 10 perintah Allah SWT
napak tilas di bumi para nabi
Solihun : Leh itukan Tour Napak Tilas di Bumi Para Nabi ada 11 hari, rutenya kemana aja Leh?
Soleh : Ini rutenya Hun :
Hari e – 1 : Cairo Arrival (No Meal)
Kita berangkat menuju Cairo dengan penerbangan Oman Air pada pukul 14:50. Tiba di Cairo International Airport pukul 23:45 waktu setempat
Kurang lebih 9 jam perjalanan


Hari ke – 2 : City Tour Cairo Full Day (B, L, D)
Dihari  ke-2 ini kita berziarah ke makam Abū ʿAbdullāh Muhammad ibn Idrīs al-Shāfiʿī (seorang mufti besar Sunni Islam dan juga pendiri mazhab Syafi'i). Dilanjutkan dengan mengunjungi Pyramid dan Sphinx. Kemudian ke Parfume Factory dan Papyrus.

Setelah itu ke Egyptian Museum yang memiliki ruang khusus dan isinya terdiri dari koleksi mumi. Disini banyak peninggalan raja paling muda yang terbuat dari bahan emas murni. Koleksi yang paling fenomenal di museum Mesir ini adalah harta karun peninggalan raja Tuthankhamen.

Perjalanan dilanjutkan menuju Masjid Al Azhar, serta Husein Mosque sekaligus ziarah ke makam cucu Rasulullah SAW. Kemudian kita akan diajak belanja di Khan El Khalili Bazaar, disini banyak menjual pernak-pernik khas Mesir seperti gelang, kalung, lampu, miniatur piramid, pashmina, scarf, bumbu dapur, keffiyeh, karpet, dll. Terakhir ke Nile Cruise, ini merupakan restoran terapung di Sungai Nil.

Hari ke – 3 : Cairo – Alexandria – Cairo (B, L, D)
Dihari ke-3 ini perjalanan menuju Alexandria, disini kita ziarah ke Makam Nabi Daniyal dan Lukmanul Hakim. Dilanjutkan dengan mengunjungi Masjid Mursi Abu Abbas, Makam Imam Busiri, Makam Abu Darda yang merupakan sahabat Rasulullah SAW. Menikmati indahnya Pantai Alexandria dari Istana Montazah yang merupakan tempat peristirahatan bagi keluarga Raja Farouk. Mengunjungi Perpustakaan Alexandria, diajak melihat Laut Mediteranian, dan Citadel of Qaitbay. Kembali ke Cairo

Hari ke – 4: Cairo – Terusan Suez – St. Catherine – Gn. Sinai (B, L, D) Melanjutkan perjalanan menuju ST. Catherine melalui Terusan Suez yang memisahkan Benua Asia dan Afrika. Melewati Terowongan Ahmad Hamdi dan melewati ‘Uyun Musa yang merupakan 12 sumur air Nabi Musa.

Kemudian melihat lokasi dimana Raja Fir’aun tenggelam di Laut Merah. Dilanjutkan ke Patung Al – Samiri serta Biara St. Catherine, dan hiking Gunung Sinai untuk melihat keindahan matahari terbenam serta berdo’a di puncak Gunung. Setelah semua selesai, menuju St. Catherine dengan mengunjungi Masjid Al-Wadi Al-Muqaddas, Makam Nabi Harun serta Makam Nabi Sholeh.


Hari ke – 5 : Gn. Sinai - Taba (B, L, D)
Perjalanan dilanjutkan ke sekitaran Biara St. Catherine  untuk melihat Pohon Yang Terbakar pada saat Allah SWT berbicara langsung kepada Nabi Musa dan Surat Perjanjian / Jaminan Nabi Muhammad SAW kepada umat Kristen yang hidup dibawah kepemimpinan Islam. Setelah itu perjalanan ke Kota Taba untuk melihat Laut Merah.


Hari ke – 6 : Taba – Jerussalem (Baitul Maqdis) – Hebron – Nabi Yunus (B, L, D)
Pada hari ini kita akan melakukan perjalanan menuju perbatasan Taba untuk proses imigrasi menuju kota Jerusalem. Selesai penyebrangan di perbatasan peserta akan diantar menuju Bukit Zaitun, lalu mengunjungi Masjid Al-Aqsa sekaligus sholat disana. Dilanjutkan dengan perjalanan menuju Betlehem dengan mengunjungi Nativity Chruch (Kanisat Al-Mahd) serta berkunjung ke Masjid Omar kota Betlehem serta ke Kolam Salomo (Birak Suleiman).

Lanjut menuju Hebron dengan mengunjungi AL-Haram Al-Ibrahimi, serta kota tua dan melihat pemandangan dari kota Hebron. Kemudian terakhir yaitu mengunjungi Makam Nabi Yunus di kawasan Halhoul Village, sekitar 5km dari Kota Hebron.   

Hari ke – 7 : City Tour Jerusalem, full day (B, L, D)
Hari ini kita melakukan city tour Jerusalem. Jerussalem termasuk dalam kota yang bersejarah. Di sini anda bisa temukan banyak bangunan bersejarah, museum sejarah, kitab agama samawi yerusalem, serta pemandangan yang menarik.

Hari ini peserta akan mengunjungi Komplek Al – Aqso (Al-Haram Al Sharif), seperti Dome of the Rock, MT. Olive, Salam El Farisi Mosque dan Bouraq Mosque. Dome of the Rock yaitu bangunan kubah batu dengan warna emas yang khas ini merupakan salah satu ikon kota tua Jerusalem. Di sinilah Nabi Muhammad pernah melakukan perjalanan mi'raj menuju surga setelah terlebih dulu melakukan perjalanan gaib dari Masjidil Haram Mekah.

Setelah itu berjalan di dalam tembok Al-Quds melalui Via Dolorosa. Kemudian ziarah ke makam Rabiah El Adawiyah (sosok yang dikenal dengan sebutan the mother of the grand master atau Ibu para sufi besar ini terkenal dengan sikap zuhudnya). Setelah itu ke pasar tua di kota suci (Al Qahtani, Khan Al Zait, Al Atarin), kemudian mengunjungi Gereja Makam Kudus dan Omar Mosque. Perjalanan terakhir hari ini ke Golgotha atau yang terkenal dengan tempat Yesus disalibkan oleh kaum Yahudi. Bukit ini dijaga oleh kaum Muslim turunan langsung Salahudin, yang sangat dihargai dan dihormati di daratan Eropa karena berhasil menaklukan Jerusalem.

Hari ke – 8 : Jerusalem – Jericho – Allenby – Petra (B, L, D)
Hari ini kita melanjutkan perjalanan menuju Jericho, kota tertua di dunia dengan mengunjungi Makam Nabi Musa. Usai ziarah langsung ke Allenby Bridge untuk menyebrang kembali ke Jordan. Kemudian mengunjungi Kerak dan Muta’a. Lanjut kunjungan ke Zaid bin Haretha, Jafa’a bin Aby Taleb, dan Abdallah bin Rahawa. Terkahir, ke Istana Shobak, lalu menuju Petra

Hari ke – 9 : Petra – Dessert Safari Wadi Rum – Amman (B, L, D)
Peserta sarapan pagi di hotel dan check out. Setelah itu kita diajak menikmati Dessert Gurun Pasir di Wadi Rum. Kemudian kita diajak mengunjungi Ashabul Kahfi (gua yang menjadi latar belakang kisah tujuh pemuda yang melarikan diri dari kekejian seorang raja bernama Dikyanus)

Mereka melarikan diri ke dalam gua bersama seekor anjing peliharaan salah seorang pemuda di antara mereka dan tertidur selama lebih 300 tahun hingga akhirnya dibangunkan kembali. Dan terakhir mengunjungi Makam Abdurrahman bin Awf.

Hari ke – 10 : Amman – Muscat (B, L)
Hari ini kita ziarah ke Makam Bilal bin Rabah. Kemudian kita akan diantar ke Queen Alia International Airport untuk penerbangan ke Muscat dengan pesawat Oman Air pukul 19:10 waktu setempat. Tiba di Muscat pukul 23:45, transit di muscat untuk terbang kembali kembali menuju Jakarta pukul 01:55 waktu setempat.

Hari ke – 11. Jakarta Arrival (No Meal)
Hari ini peserta sampai di Jakrta 13:20.
"Ini video dan foto dukumentasinya, Hun"



napak tilas dibumi para nabi

Solihun : Seru banget ya Leh banyak wawasan yang kita peroleh, biayanya berapa Leh?
Soleh : Biayanya $1.640 Hun, kalau di kurskan ke rupiah dengan kurs dollar Rp. 15.000, sekitar Rp. 24.600.000
Biaya itu sudah termasuk ini Hun :
1.   Tiket penerbangan by Oman Air
2.   Akomodasi Hotel sesuai dengan rincian perjalanan
3.   Transportasi sesuai dengan rincian perjalanan
4.   Makanan halal sesuai dengan rincian
5.   Tiket masuk ke museum sesuai rincian
6.   Guide yang bisa Bahasa Indonesia
7.   Departure Tax perbatasan
8.   2 botol air mineral per orang selama perjalanan
9.   1 botol besar air mineral selama makan (share untuk 4 orang)
10.       Fasilitas wifi dalam bis

Tapi tidak termasuk yang ini Hun :
1.   Asuransi perjalanan
2.   Tipping
3.   Visa Cairo
4.   Visa Israel
5.   Pengeluaran pribadi
6.   Minuman tambahan seperti soft drink . juice dan lain – lain yang tidak sesuai dengan rincian perjalanan.

Solihun : Kalau profil Cheria Holiday sendiri gimana Leh?
Soleh : Kalau profil Cheria Holiday yang saya tau, antara lain :
1.   Berpengalaman : Cheria Holiday berdiri sejak tahun 2012, artinya perusahaan ini sudah memiliki pengalaman selama 6 tahun
2.   Terpercaya : Cheria Holiday sudah melayani ribuan wisatawan dan peziarah, berarti sudah banyak orang yang mempercayai perusahaan ini
3.   Lengkap : Cheria Holiday melayani berbagai kebutuhan paket tour muslim untuk dalam dan luar negeri`
Juga menyediakan tiket, hotel, visa dan kebutuhan perjalanan lainnya baik untuk kebutuhan personal, corporate atau grup
4.   Diakui : Cheria Holiday mempunyai berbagai legalitas, diantaranya :
a.   TDP 36/2014 Tanggal 7 Januari 2013 Dinas Pariwisata DKI Jakarta 
b.   Member International Air Transport Association (IATA) dengan Nomor 15314132 
c.   Izin Penyelenggara Ibadah Haji Khusus Madinah Iman Wisata Nomor 118 Tahun 2015
d.   Izin Umroh Madinah Iman Wisata Nomor D/70/2015
e.   Cabang Resmi Madinah Iman Jakarta
napak tilas dibumi para nabi
Solihun : Kantornya dimana Leh?
Soleh : Kantor Pusatnya di Gedung Twink Lt. 3,Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790
napak tilas di bumi para nabi
Solihun : Saya jadi pengen sekali ikut ni Leh. Apa masih bisa berangkat Leh?
Soleh : Masih Hun, Tour NapakTilas di Bumi Para Nabi ditahun 2018 ini mulai Januari sampai dengan November. Karena ini sudah akhir bulan Oktober, berarti kamu bisa ikut berangkat bulan November tepatnya tanggal 17 November – 27 November 2018

Solihun : Kontak yang bisa dihubungi kemana Leh?
Soleh : Banyak Hun kontaknya, kamu tinggal pilih aja :
1.   Telepon : 021 - 7900 201 / 021-700 216 (Hunting)
2.   Mobile : 021 444 610 74
3.   Fax : 021-7918 2408
4.   Email : info@cheria-travel.com
6.   Line: cheria_wisata
7.   Whatspp: 087885217393 (24 jam, 7 hari )
napak tilas di bumi para nabi
Jam operasional Cheria Holiday Senin - Jumat Pukul 09.00 s.d 17.00 WIB
Sabtu sd Minggu Pukul 09.00 s.d 14.00 WIB, kecuali hari libur Nasional via SMS atau WhatsApp

Bagi kamu yang pengen jalan-jalan sekaligus menambah iman yuk ikut Tour Napak Tilas di Bumi Para Nabi di bulan November 2018, biar pergi bareng Solihun



Sumber :
Chanel Youtube Cheria Holiday

napak tilas di bumi para nabi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEDIH

  Ia ceritakan kepada malam Sebuah kisah yang kelam Ketika hati menjadi ulam Mengenang cinta yang suram   Ia ceritakan kepada bint...