Minggu, 24 Maret 2019

Lomba Blog Deadline Minggu Pertama April 2019


Lomba Blog Minggu Pertama April 2019

Sebelum kita masuk ke daftar lomba blog, ada baiknya kita simak tips menang lomba blog dari Harris Maulana berikut ini :
1.     Tema
Biasanya dalam sebuah lomba blog ada sebuah tema. Namun sering disalah artikan menjadi sebuah judul. Tentu ini menjadi kurang kreatif dimata juri. Hindari menggunakan tema untuk sebuah judul tulisan. Buatlah judul yang membuat atau memancing orang untuk membaca.

Saya pernah menulis di kompasiana dengan judul : "Saya Menyesal Menabung di Bank Syariah" . Mungkin banyak orang penasaran sehingga banyak pembaca yang tertarik untuk membaca lebih jauh.

Dan ternyata isinya adalah saya menyesal menabung di Bank Syariah kenapa tidak dari dulu karena banyak keuntungannya :) Dan tulisan itu menjadi salah satu tulisan Favorit dalam Lomba Blog Islamic Bank yang diselenggarakan Kompasiana.

Namun judul yang bombastis tanpa diisi oleh cerita yang berbobot akan menjadi bumerang. Pembaca tentu akan kapok dan akan selalu mengingat penulis jika ternyata isinya hanya omong kosong.

2.   Isi
Isi sebuah tulisan menjadi point tertinggi dalam sebuah lomba. Kita harus jeli apa yang diinginkan oleh penyelenggara. Sebuah sanjungan, kritikan atau ikut berpromosi. Jangan sampai salah menulis. Gunakan bahasa yang mudah dicerna, jangan terlalu kaku namun jangan juga terlalu gaul karena pembacanya beragam.

Kadang sebuah tulisan dinilai juga dengan jumlah komentar yang masuk. Untuk itu kita bisa melakukan link lewat sosial media seperti facebook dan twitter untuk meminta teman-teman memberikan komentar yang positif.

Ada juga lomba menulis yang pemenang ditentukan jumlah vote. Vote terbanyak akan menjadi pemenang. Sistem ini banyak tidak disukai oleh para penulis karena kualitas isi cerita sedikit diabaikan. Siapa yang temannya banyak, dialah yang menang. Seperti yang saya alami saat mengikuti lomba menulis tentang sepakbola yang diadakan kompasiana dan Sony Ericcson.

Hasil akhir saya kalah dalam jumlah vote dan hanya menempati runner-up se Asia Pasific dan gagal berangkat ke Afrika Selatan untuk menonton Piala Dunia 2010 yang sangat saya idamkan. 

Namun dilain kesempatan saya merubah strategi dan  dapat memenangkan lomba vote dalam kontes menulis Kompasiana Festive Holiday . Saya menjaring para voters lewat twitter dan berhasil mendapat voucher menginap di hotel berbintang di Jakarta yang saya nikmati bersama keluarga.

Menulis dengan mengikuti sebuah lomba juga dapat menjadi ukuran bagi tulisan kita apakah layak untuk menang atau tidak, apakah cukup berkualitas. Jika belum beruntung kita bisa belajar dengan melihat tulisan sang pemenang, apa kelebihannya dibanding dengan tulisan kita.

3.   Syarat dan Ketentuan
Bacalah syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Cek satu per satu apakah tulisan kita sudah memenuhi syarat. Biasanya harus mencantumkan link website penyelenggara, atau mengirim email link tulisan kita. Ada juga yang mensyaratkan harus menambahkan sebuah html di side bar, dan lain-lain.

Hindari lomba yang mensyaratkan harus melakukan link beberapa kali, biasanya lomba tersebut hanya berupa kedok untuk menaikan page rank di google dengan memberikan hadiah yang tidak seberapa. Lebih baik ikut lomba yang diselenggarakan oleh perusahaan yang sudah ternama, proses pengambilan atau pengiriman hadiahnya pun mudah.

4.   Tambahan
Tambahkan beberapa foto untuk melengkapi tulisan. Jika mengambil dari google harap ditulis sumbernya. Akan menjadi nilai tambah jika foto atau gambar milik pribadi. Seperti yang saya lakukan ketika mengikuti sebuah lomba menulis yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan bahan bangunan.

Waktu itu saya menambahkan desain rumah yang saya inginkan dan ini mungkin menjadi nilai tambah untuk penilaian. Mungkin selain cerita yang cukup mengharukan, akhirnya saya memenangkan sebuah rumah dari hasil mengikuti lomba menulis. Sebuah pencapaian yang luar biasa. Jika menyitir kata-kata Gola Gong, "rumahku kubangun dengan kata-kata".


Deadline : 1 April 2019
Lomba Blog Minggu Pertama April 2019
Syarat & Ketentuan
1.      Like dan Rekomendasikan Halaman Jagoan Hosting di Facebook.
2.    Buat artikel review produk "Mini Hosting dari Jagoan Hosting" di blog atau website kamu.
3.    Minimal 400 kata dalam satu artikel review.
4.    Artikel harus memuat back link di dalam artikel kamu yang mengarah ke halaman produk Hosting Kece Jagoan Hosting
5.     Harus mempunyai Akun Jagoan Hosting (Register di sini)
6.    Setelah menulis artikel, peserta WAJIB melakukan SUBMIT di form yang terdapat di website ini. https://www.jagoanhosting.com/sobat-jagoan-new/
7.     Setelah melakukan submit, akan muncul popup untuk share artikel di Facebook, peserta WAJIB me-mention Facebook Fanspage : Jagoan Hosting Indonesia, dan upload IG dan tag : @Jaghostiddilengkapi dengan tagar #SobatJagoan #AutoKeren pada postingan share artikel tersebut.
8.    Submit dimulai tanggal 6 Maret 2019.
9.    Submit artikel terakhir dilakukan pada 1 April 2019 dan pengumuman pemenang pada 5 April 2019.
10.            Jika jumlah peserta tidak mencapai 10 orang tidak ada juara 1-5 tapi diganti dengan 5 orang yang pertama submit akan mendapatkan hadiah domain dan hosting.
11.  Keputusan tim Jagoan Hosting tidak dapat diganggu gugat.


Deadline : 2 April 2019
Lomba Menulis Cerpen April 2019
Syarat & Ketentuan
Lomba Cerpen Cilukba 2019
Lomba Cerpen Cilukba 2019
Lomba Cerpen Cilukba 2019


Deadline : 6 April 2019
Emerging Writer 2019

Syarat & Ketentuan

1.      Penulis adalah warga negara Indonesia berusia 17-35 tahun (silakan menyertakan fotokopi KTP)
2.    Penulis berasal dari wilayah Kawasan Timur Indonesia meliputi provinsi di: Sulawesi, Papua, Nusa Tenggara, Maluku, dan Kalimantan.
3.    Menulis karya sastra berupa puisi, cerpen, novel, atau naskah drama dan skenario film.
4.    Bentuk penerbitan karya berupa buku, kumpulan tulisan yang sudah pernah diterbitkan di media massa atau kumpulan naskah yang belum terbit.
5.     Penulis yang karyanya sudah diterbitkan dalam bentuk buku dapat mengirimkan ke:
Makassar International Writers Festival   
(Panitia Penulis KTI)
Jalan Bontonompo No. 12A (Gunung Sari Baru), Makassar, Sulawesi Selatan 90223.
CP. Febri 0821-9335-5335
6.    Penulis yang belum menerbitkan buku, dapat mengirimkan 25 puisi terbaik atau 5 cerpen terbaik, atau 1 novel, atau 2 naskah drama/skenario film.
7.     Karya dikirimkan melalui email d/a: infoemergingwriters@gmail.com, dengan menuliskan subyek email: “Karya Penulis Indonesia Timur MIWF 2019”
8.    Penulis melampirkan biodata diri disertai foto, nomor telepon dan email yang jelas. Apabila nama kepenulisan berbeda dengan nama asli maka harap juga mencantumkan nama asli.
9.    Hasil karya dapat dikirim ke panitia MIWF mulai 6 Februari - 6 April 2019.
10.            Nama 5 penulis yang terpilih akan diumumkan pada  6 Mei 2019 di media sosial resmi MIWF dan akan dihubungi melalui email dan telepon.
11.  Bagi penulis terpilih yang berdomisili di luar Makassar akan ditanggung biaya transportasi dan akomodasi selama berlangsungnya MIWF 2019 dari tanggal  26 - 29 Juni 2019






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEDIH

  Ia ceritakan kepada malam Sebuah kisah yang kelam Ketika hati menjadi ulam Mengenang cinta yang suram   Ia ceritakan kepada bint...