Rabu, 21 November 2018

Belajar Dari Kekalahan Lomba Blog

lomba blog

Dari bulan Oktober-Nopember 2018 ini saya mengikuti lomba blog
Ada beberapa lomba blog yang saya ikuti
Diantara lomba tersebut 4 lomba blog yang sudah mengumumkan pemenangnya, yaitu
Lomba Blog Sanger Learning
lomba blog

Lomba Blog GNFI
lomba blog

Lomba Blog Spotqoe
lomba blog

Lomba Blog Jendela360
lomba blog

Namun sayang sekali dari keempat lomba blog tersebut belum ada nama saya yang keluar menjadi pemenangnya
Rasa kecewa sudah pasti, namun saya tidak mau larut dalam kekecewaan tersebut, apalagi putus asa
Saya coba mengetahui kekurangan saya dengan menganalisa artikel mereka yang sudah juara
Klik di judul artikelnya untuk melihat artikel utuhnya
Kalau kamu pernah mengalami kekalahan lomba blog, kamu boleh juga ikut menganalisa
Kamu bisa tuliskan dikolom komentar hasil analisa kamu
Hasilnya nanti coba kita gabungkan

Inilah artikel dari para pemenang lomba blog tersebut
Lomba Blog Sanger Learning
Juara I : Adhi Hermawan

Juara II : Susanto

Juara III : Sindi Alya Syahputri


Lomba Blog GNFI
Juara I : Akifa Laila Rusyida


Juara II : Widyanti Yuliandari

Juara III : Poloria Sitorus


Lomba Blog Spotqoe
Juara I : Adhi Nugroho (Nodi)

Juara II : Ahmad J Fatoni

Juara III : Yuni Andriyani.


Lomba Blog Jendela360
Juara I : Adhi Hermawan

Juara II: Rizka Afriandita Edmanda

Juara III: Bety Sulistyorini


Dari hasil analisa inilah kesimpulan saya :
1)   Artikel yang berkaitan dengan produk/lembaga disajikan informatif, dengan menggali sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan produk/lembaga tersebut
2)   Bahasa artikel yang berkaitan dengan produk/lembaga menggunakan bahasa persuasif, yaitu mengajak orang lain untuk menggunakan produk/lembaga tersebut
3)   Artikel dilengkapi infografis yang menarik
4)   Untuk artikel yang tidak berkaitan dengan produk/lembaga, tingkat penguasaan materi harus mumpuni

Dari hasil analisa ini kedepannya saya mencoba untuk memperbaiki diri
Untuk poin pertama, kedua dan keempat mungkin tidak terlalu susah, poin ketiga yang saya rasa agak susah
Namun walaupun begitu akan saya coba setahap demi setahap

Keuntungan dan Kerugian Ikut Lomba blog
Keuntungan Ikut Lomba Blog
1.   Menambah pengetahuan tentang penulisan artikel
Kita bisa mempelajari bagaimana blogger lain menulis artikelnya
2.   Menambah teman
Sesama peserta lomba bisa saling add media sosial, ataupun saling komentar di artikel yang dilombakan
3.   Dapat hadiah kalau menang
4.   Merasakan sensasi yang hanya bisa dirasakan oleh peserta lomba
Kamu akan merasakan sensasi seperti orang pacaran ketika menunggu pengumuman  pemenang
Ketika cowok nembak cewek, terus si cewek memberikan waktu untuk menjawabnya, seperti itulah sensasi yang akan kamu rasakan
Kamu akan merasa waktu terasa lambat berlalu, tidur yang kurang nyenyak, bolak balik melihat kalender . Menyiksa sekaligus mengasyikkan

Kerugian Ikut Lomba Blog
1.   Ketika kamu tidak menang kamu akan merasa kecewa yang luar biasa, karena usaha kamu merasa sia-sia
Tidak jarang orang bergadang untuk menulis artikel lomba, karena menulis artikel lomba tingkat stresnya lebih tinggi daripada menulis artikel untuk blog sendiri
2.   Kalau tidak kuat-kuat mental kamu bisa putus asa (tapi untungnya saya belum pernah mendengar orang bunuh diri karena kalah lomba)

Apa yang harus dilakukan ketika kalah lomba?
1.   Hiburlah diri kamu sendiri, kalau saya menghibur diri dengan kalimat “belum rezeki”
Kalimat ini menurut saya kalimat yang sakti untuk menenangkan diri
2.   Mencari kekurangan diri dan berusaha memperbaikinya
3.   Mencari inspirasi dari blogger lain yang pernah mengalami kegagalan
Kalau saya blogger yang menginspirasi bagi saya tentang kegagalan adalah Ahmad J Fatoni, pemilik blog amir-silangit.com 
Di blognya ini beliau banyak membahas yang berkaitan dengan lomba blog, termasuk kegagalannya dalam mengikuti lomba blog 
Saya salut luar biasa dengan beliau ini, kalau blogger lain semangat ikut lomba karena sering menang
Tapi kalau beliau ini semangat ikut lomba karena sering mengalami kegagalan
Belajar dari kegagalan membuatnya matang dalam mengikuti lomba, ketabahan dan sifat mau belajarnya membuat ia sekarang langganan juara lomba
Dari pemenang 4 lomba blog di atas pun ada nama beliau

Mungkin sampai disini dulu perjumpaan kita, karena saya harus membuat artikel lomba blog lagi
Kalau menang “syukur Alhamdulillah”, kalau kalah “belum rezeki”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEDIH

  Ia ceritakan kepada malam Sebuah kisah yang kelam Ketika hati menjadi ulam Mengenang cinta yang suram   Ia ceritakan kepada bint...