Jumat, 15 Januari 2021

DARIMU AKU BELAJAR PERADABAN

 

puisi tema perempuan

DARIMU AKU BELAJAR PERADABAN
Karya : Salohot Nasution
 
 
Ibu, engkau mengajariku memakai baju dan celana
Sehingga aku mengerti batas hewan dan manusia
Yang memiliki rasa malu ketika auratnya
Dipertontonkan dihadapan manusia lainnya
 
Ibu, engkau mengajariku budi pekerti
Sehingga aku mengerti bahasa cinta dan kasih
Yang melandasi toleransi insani
Adalah sumber kedamaian di bumi
 
Ibu, engkau mengajarkan aku aksara
Sehingga aku bisa membaca
Yang tertulis di dalam buku bacaan
Serta yang tertulis di buku kehidupan
 
Ibu, engkau mengajarkan aku angka
Sehingga aku bisa membedakan angka satu dan dua
Tak selamanya satu harus diiringi dua
Ketika satu memiliki makna esa
 
Ibu, engkau mengajarkan aku alif, ba, ta
Sehingga aku bisa membaca kitab suci pedoman agama
Bekal dalam menjalani kehidupan yang fana
Serta menyongsong kehidupan akhir yang baqa
 
 
Aceh Timur, 26 Desember 2020
 
Puisi tersebut diikutsertakan dalam Lomba Menulis Puisi tema Perempuan Pencetak Peradaban yang diselenggarakan oleh Penulis Muslim pada tanggal 26 Desember 2020
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEDIH

  Ia ceritakan kepada malam Sebuah kisah yang kelam Ketika hati menjadi ulam Mengenang cinta yang suram   Ia ceritakan kepada bint...