Senin, 24 Desember 2018

Dapatkan Keamanan Maksimal Website Anda Dari Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia

perbedaan http dengan https

Sebuah bank yang berkantor pusat di kota A memberangkatkan sebuah mobil yang membawa uang yang akan digunakan mengisi mesin ATM di kota B. Tapi malang bagi mobil tersebut ditengah perjalanan sekawanan perampok mencegat dan membajak mobil tersebut. Habis sudah uang yang dibawa mobil tersebut dikuras kawanan perampok tersebut. Di waktu berikutnya mobil itu tidak lagi mengalami gangguan melewati jalan  yang rawan perampok tersebut, karena jalan tersebut sudah aman, sudah dijaga petugas keamanan.

Paragraf diatas bukan kutipan berita kriminal, bukan pula sinopsis film laga, melainkan ilustrasi sederhana dalam membedakan antara HTTP  dan HTTPS Dari ilustrasi di atas saya mengumpamakan HTTP adalah jalan yang tidak aman, sedangkan jalan yang aman saya umpamakan dengan HTTPS.
perbedaan http dan https
Perbedaan HTTP dan HTTPS (sumber : westcountrymedia.co.uk)
Dalam dunia IT Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server. Secara sederhana HTTP dapat diartikan tempat lalu lintasnya data antara client dengan server. Oleh karena itu saya mengumpamakan HTTP ini dengan sebuah jalan. Akan tetapi HTTP ini belum dilengkapi dengan sistem keamanan. Ketika HTTP ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan maka akan berubah menjadi HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Artinya lalu lintas data yang melalui protokol ini sudah dijamin keamanannya. Oleh karena itu saya mengumpamakannya dengan jalan yang aman untuk dilalui, karena sudah ada petugas keamanannya.

Lalu lintas data dalam protokol HTTP mendapat ancaman dari peretas data, sehingga data yang penting bisa dicuri oleh si peretas. Berikut ini kasus-kasus peretasan yang pernah terjadi di dunia dan Indonesia.
kasus peretasan di dunia dan indonesia
Peretas (sumber : vectorstock)

Kasus-kasus peretasan di dunia
1.   Tahun 2000, terjadi peretasan kepada website Yahoo, Ebay, CNN, Amazon dan Dell,
2.   Tahun 2001, terjadi peretasan kepada website perusahaan Epsilon. Epsilon adalah perusahaan yang bergerak dibidang online marketing (pemasaran online). Akibat peretasan ini nama dan e-mail pelanggannya berhasil dicuri
3.   Tahun 2006, terjadi peretasan kepada website perusahaan TJX. TJX adalah perusahaan penyedia kartu kredit. Akibat peretasan ini 94 juta data kartu kredit serta debit para pelanggannya berhasil dicuri.
4.   Tahun 2009, terjadi peretasan kepada website perusahaan Heartland Payment System. Heartland Payment System adalah perusahaan penyedia kartu kredit. Akibat peretasan ini 134 juta akun kartu kredit pelanggannya berhasil dicuri.
5.   Tahun 2011, terjadi peretasan kepada website perusahaan playstation. Playstation adalah perusahaan yang bergerak dibidang game. Akibat peretasan ini 77 juta data akun dan kartu kredit pelanggannya berhasil dicuri
6.   Tahun 2014, terjadi peretasan kepada : 1) website Sony Pictures Entertainment. Sony Pictures Entertainment adalah perusahaan yang bergerak di bidang perfilman, 2) website perusahaan Bitcoin. Bitcoin adalah perusahaan penyedia uang digital, 3) Snapchat. Snapchat adalah aplikasi berbagi foto, 4) website perusahaan The Home Depot. The Home Depot adalah perusahaan ritel

Kasus-kasus peretasan di Indonesia
1.   Tahun 2004, terjadi peretasan kepada website TNP-KPU
2.   Tahun 2006, terjadi peretasan kepada website partai Golkar
3.   Tahun 2010, terjadi peretasan kepada 71 website lokal, yang kebanyakan dari website pemerintah.
4.   Tahun 2013, terjadi peretasan kepada : 1) website presiden Susilo Bambang Yudhoyono, 2) 12 website pendidikan milik pemerintah dan swasta, 3) website kepolisian, 4) website Kementerian Pertanian, 5) website KPUD Jakarta, 6) website partai PAN, 7) website Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
5.   Tahun 2016, terjadi peretasan kepada website Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan situs ketua ICMI Jimly Ashidiqie
6.   Tahun 2017 , terjadi peretasan kepada  : 1) website Telkomsel, 2) website KPU Jakarta Barat, 3) website Universitas Islam Negeri, 4) website Pegipegi.com, 5) website Kabupaten Bekasi, 6) website Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)

Dari kasus-kasus peretasan diatas kita bisa melihat ada perbedaan target peretasan antara kejadian di luar negeri dengan di Indonesia. Kalau di luar negeri yang menjadi target peretasan adalah website-website perusahaan, sedangkan di Indonesia yang menjadi target peretasan kebanyakan website-website pemerintah atau yang berkaitan dengan politik.

Apakah anda suka belanja di toko onlie? atau Anda punya website toko online? Jika Anda suka berbelanja di toko online atau Anda yang punya website toko online harap berhati-hati, karena website belanja online rawan terhadap peretasan, pernyataan ini dikemukan oleh Akamai (perusahaan penyedia layanan CDN (Content Deleivery Network) setelah melakukan riset. Diantara toko online yang pernah diretas adalah Lazada, Bukalapak, dan Toko Pedia.

Apa efek yang ditimbulkan dari peretasan? Efek yang ditimbulkan dari peretasan ini akan merugikan secara finansial bagi individu, sedangkan bagi perusahaan akan menurunkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap perusahaan tersebut. Kita ambil contoh seorang pelanggan kartu kredit yang data-datanya telah dicuri, maka pada saat jatuh tempo pembayaran kartu kreditnya, pembayarannya terjadi pembengkakan yang transaksinya bukan ia pelakunya. Akibatnya ia tidak percaya lagi dengan bank yang mengeluarkan kreditnya dan tidak mau lagi memakai kartu kredit tersebut. Sikap yang diambilnya ini menyebabkan bank tersebut akan kehilangan nasabahnya. Jika terus berlanjut maka bank tersebut akan kehilangan semua nasabahnya, akhirnya bank tersebut bangkrut.

Oleh karena itu keamanan website menjadi sesuatu yang mutlak dilakukan, khususnya website-website yang berkaitan dengan data-data yang sifatnya rahasia dan sensitif, seperti : 1) login dan kata sandi, 2) informasi keuangan (misalnya nomor kartu kredit, rekening bank), 3) data pribadi (misalnya nama, alamat, tanggal lahir), 4) informasi yang menjadi hak milik/paten, 5) dokumen dan kontrak legal, dan lain sebagainya. Cara yang dilakukan untuk mengamankan website-website tersebut dengan menggunakan protokol HTTPS.

Bagaimana protokol HTTPS melakukan tugasnya dalam mengamankan lalu lintas data? Setidaknya ada 3 hal yang dilakukannya :
1.   Melakukan Autentikasi Server : Dengan melakukan autentikasi server ini, membuat pengguna mersasa yakin sepenuhnya bahwa ia memang berkomunikasi dengan server yang ia tuju.
2.   Menjaga Kerahasiaan Data : Data yang dikirimkan sudah dienkripsi terlebih dahulu, sehingga tidak akan bisa dipahami oleh orang lain
3.   Membuat Integritas Data : Data yang dikirimkan divalidasi oleh message authentication code (MAC), sehingga tidak dapat diubah oleh orang lain

Lalu bagaimana mengubah HTTP menjadi HTTPS? Untuk mengubah HTTP menjadi HTTPS melalui SSL (Secure Socket Layer). SSL  adalah cara yang dilakukan website dalam menciptakan lalu lintas yang aman, yaitu dengan  membuat sebuah link yang sudah dienkripsi untuk menghubungkan browser dengan server website. SSL diperkenalkan pertama kali oleh Netscape Communications Corporation pada tahun 1990. Pada masa itu browser yang paling banyak dipakai adalah Netscape, sehingga muncul keinginan untuk mengamankan protokol HTTP. Setelah Internet Explorer muncul orang beralaih ke Internet Explorer, lalu meninggalkan Netscape. Walaupun Netscape tidak banyak digunakan lagi, tapi idenya untuk mengamankan protokol HTTP terus berjalan. Netscape Communications Corporation bersama dengan Internet Engineering Task Force (badan yang mengatur  standar internet) membuat standarisasi SSL. Proyek mereka ini kemudian dikenal dengan nama TLS (Transport Layer Security), yang sekarang lebih umum disebut SSL.

Agar suatu website bisa melakukan SSL, website tersebut harus punya SSL Certificate . SSL Certifikate adalah file data yang diinstal pada website server agar bisa melakukan SSL. SSL Certifikate ini mempunyai beberapa jenis, antara lain :
Pertama, SSL Certifikate berdasarkan jumlah nama domain atau subdomainnya, yaitu :
1.   Tunggal :  SSL Certifikate yang mengamankan satu nama domain atau subdomain saja
2.   Wildcard :  SSL Certifikate yang mengamankan satu nama domain dan subdomainnya dengan jumlah yang tidak terbatas
3.   Multi-Domain : SSL Certifikate yang mengamankan beberapa nama domain

Kedua, SSL Certifikate berdasarkan tingkat validasinya, yaitu :
1.   Validasi Domain :  SSL Certifikate jenis ini melakukan enkripsi dasar dan kepemilikan nama domain. Pengerjaannya memakan waktu beberapa menit sampai beberapa jam.
2.   Validasi Organisasi :  SSL Certifikate jenis ini selain melakukan enkripsi dasar dan kepemilikan nama domain juga rincian dari pemiliknya (contoh nama dan alamat). Pengerjaannya memakan waktu beberapa jam sampai beberapa hari.
3.   Validasi Tambahan (EV) :  SSL Certifikate jenis ini melakukan enkripsi secara menyeluruh mulai dari nama domain dan otentikasi entitas, keberadaan hukum, fisik, dan operasionalnya. Pengerjaannya memakan waktu beberapa hari sampai beberapa minggu.

Bagaimana mengetahui suatu website sudah menggunakan SSL Certifikate? Untuk mengetahuinya bisa melihat petunjuk berikut ini : 1) Gembok di sebelah kiri URL, 2) Awalan URL website tersebut menggunakan HTTPS, 3) Bilah alamat website berwarna hijau

Apa keuntungan yang diperoleh dari SSL Certifikate? Website yang sudah mempunyai SSL Certikate akan mendapatkan keuntungan :
1.   Keamanan terjamin
Dengan adanya SSL Certifikate maka protokol website Anda menjadi aman sehingga Anda merasa nyaman karena sudah merasa terlindungi. Coba Anda bayangkan kalau Anda merasa website Anda tidak nyaman, maka Anda akan diliputi rasa was-was. Kenyamanan adalah sesuatu yang sangat berharga dalam hidup Anda.

2.   Performa meningkat
Dengan adanya SSL Certifikate performa website menjadi meningkat. Peningkatan performa yang dihasilkan sebesar 50-70% dari sebelum memakai SSL Certifikate.

3.   SEO dan ranking di Google
SEO dan ranking di google adalah sesuatu yang sangat bernilai bagi sebuah website, karena SEO dan ranking inilah yang menentukan suatu website bisa mendapatkan banyak pengunjung. Oleh karena itu jika ingin mendapatkan SEO dan ranking yang bagus di Google, website harus sudah punya SSL Certifikate. Apalagi pada tahun 2014 Google sudah mengumumkan bahwa protokol HTTPS salah satu faktor penentu rankingnya. Sudah diteliti juga oleh pakar SEO Brian Dean, dan dari hasil penelitiannya terhadap 1 juta hasil pencarian ia menemukan korelasi antara HTTPS dengan ranking Google.

4.   Mendapatkan kepercayaan pengunjung
Bagi pengunjung website yang tidak mengerti perbedaan HTTP dengan HTTPS, maka website Anda tanpa menggunakan SSL Certifikate pun tidak menjadi masalah, mereka akan tetap mengunjungi website Anda walaupun alamat website Anda masih HTTP. Tapi bagi pengunjung yang sudah mengerti perbedaan HTTP dengan HTTPS, maka begitu melihat alamat website Anda masih HTTP maka ia akan mengurungkan niatnya untuk mengunjungi website Anda. Bayangkan jika website Anda adalah website bisnis, katakanlah toko online. Ketika pengunjung batal mengunjungi website Anda maka Anda gagal juga mendapatkan laba. Jika Anda gagal mendapatkan laba, bagaimana bisnis Anda menjadi maju?

Bagaimana cara mendapatkan SSL Certifikate? Untuk mendapatkan SSL Certifikate dengan membelinya di penyedia SSL. Tapi jangan sembarangan beli SSL, pilihlah penyedia SSL Indonesia yang terbaik dan terpercaya seperti Warung SSL.

Alasan menggunakan warung SSL
Kenapa harus beli SSL Certifikate di warung SSL? Karena beberapa alasan berikut ini :
1.   Harganya lebih murah
Siapapun orangnya ketika mau melakukan pembelian berusaha mencari harga yang murah, termasuk dalam urusan SSL. Oleh karena itu sangat tepat jika Anda mencarinya di warung SSL. Warung SSL menyediakan harga yang lebih murah dibandingkan dengan penyedia SSL Indonesia lainnya, bahkan harga SSL  yang ditawarkan lebih murah dari CA (Otoritas Sertifikasi) langsung. Kenapa bisa begitu? Karena warung SSL sudah melakukan negoisasi dengan CA untuk mendapatkan harga khusus ketika membeli SSL dalam jumlah yang banyak. Kebanyakan barang murah tidak berkualitas, tapi beda dengan warung SSL. Walaupun warung SSL memberikan harga murah produk yang ditawarkan terjamin kualitasnya.

2.   Berpengalaman dan terpercaya
Warung SSL sudah memiliki pengalaman di bidang SSL ini, kurang lebih sudah 6 tahun warung SSL menjalankan bisnis ini (warung SSL berdiri tahun 2013). Dalam kurun waktu selama 6 tahun tersebut warung SSL sudah dipercaya melayani lebih dari 1 juta SSL Certificates di Indonesia. Beberapa konsumen warung SSL antara lain : KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Kemenkeu RI (Kemnterian Keuangan RI), BCA Insurance, dan BPJS Ketenagakerjaan.

3.   Produknya lengkap
Beli SSL di warung SSL itu menyenangkan karena produknya lengkap, sehingga memudahkan Anda dalam memilih produk yang Anda butuhkan. Warung SSL menyediakan semua jenis dan tipe SSL Sertifikate. Jenis SSL Certifikate yang disediakan warung SSL antara lain : 1) SSL Domain Validation, 2) SSL Organization Validation, dan 3) SSL Extended Validation. Sedangkan tipe SSL Certifikate yang disediakan warung SSL antara lain : 1)  Basic/Single SSL, 2) Multi-Domain SSL (SAN), 3) Wildcard SSL,  4) Multi Domain Wildcard SSL, 5) Code Signing SSL, dan 6) Email & Document Signing SSL

4.   Didukung brand terpercaya
Selain lengkap, SSL Sertificate yang disediakan warung SSL didukung oleh brand terpercaya kelas dunia, sebut saja diantaranya Symantec, Comodo, Rapid SSL, dan lain sebagainya.

5.   Layanan konsultasi setiap waktu
warung SSL menyediakan layanan konsultasi 24 jam selama seminggu (7 hari), bisa melalui layanan live chat, email, maupun telepon.

6.   Ada panduan pembeliannya
Anda bingung kira-kira SSL Certikate apa yang sesuai dengan website Anda? Jika anda membeli SSL Certifikate di warung SSL, Anda akan dipandu untuk menemukan SSL Certifikate yang anda butuhkan.

7.   Menyediakan layanan instalasi
Anda sudah membeli SSL Certifikate tapi tidak tahu cara instalasinya? Warung SSL menyediakan layanan instalasi, Anda tinggal pilih layanan instalasi Via Remote atau layanan instalasi Via On Site (Kunjungan). Untuk  layanan instalasi Via On Site hanya untuk wilayah JABODETABEK saja.

8.   Sistem pembayarannya mudah
Tersedia beragam sistem pembayaran untuk mempermudah konsumen, Anda tinggal pilih saja sistem pembayaran yang Anda sukai. Sistem pembayaran yang disediakan warung SSL antara lain : paypal, bank transfer, kartu kredit, purchace order (PO) dan kredit saldo. Bagi Anda yang ingin menggunakan bank transfer, banyak pilihan bank yang bisa Anda gunakan, antara lain : Bank BCA, Bank BNI, Bank BRI, Bank CIMB, Bank Danamon, Bank Mandiri, Bank Mayapada, Bank Permata,  ATM Bersama atau Prima

9.   Memberikan jaminan 30 hari
Penyedia SSL lain menyediakan jaminan hanya 15 hari, bahkan kurang daripada itu. Tapi kalau warung SSL menyediakan jaminan selama 30 hari untuk semua SSL Certifakate. Layanan ini untuk memberikan kenyamanan konsumen dalam menggunkan SSL Certifikate yang dibeli dari warung SSL.

10.       Menyediakan peluang bisnis
sambil menyelam minum air”. Ketika Anda puas dalam menggunakan SSL Certifikate yang Anda beli dari warung SSL, lalu Anda berkeinginan menjadi reseller produk warung SSL, Anda boleh menjadi mitra warung SSL untuk menawarkannya ke orang lain. Dengan begitu Anda mempunyai peluang mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara melakukan pembelian SSL Certikate di warung SSL

Untuk melakukan pembelian SSL Certifikate diwarung SSL sangat mudah, hanya dengan 5 tahap berikut ini :
1.   Masuk ke website warung SSL
2.   Pilih brand yang Anda suka
3.   Pilih SSL Certifikat yang Anda butuhkan
4.   Klik beli, isi data yang diminta
5.   Lakukan pembayaran, selesai.

Kontak warung SSL
Apabila Anda punya pertanyaan yang ingin Anda tanyakan sehubungan dengan SSL, Anda boleh menanyakannya kepada warung SSL, ini kontak dan media sosial yang bisa Anda hubungi :
Telepon :(021) 2904 1500
Email :cs@WarungSSL.com
Facebook : https://web.facebook.com/WarungSSL/
Twitter : https://twitter.com/warungssl

Kesimpulan :
Keamanan website merupakan faktor utama yang harus dipertimbangkan, hal ini memberikan rasa nyaman bagi pemilik website dan memberikan rasa nyaman bagi pengunjung website tersebut. Bagi website bisnis keamanan websitenya akan membawa laba baginya, sehingga bisnisnya bisa menjadi maju. Keamanan website bisa diperoleh dengan membeli SSL Certifikate di tempat jual SSL terbaik dan terpercaya, yaitu warung SSL.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEDIH

  Ia ceritakan kepada malam Sebuah kisah yang kelam Ketika hati menjadi ulam Mengenang cinta yang suram   Ia ceritakan kepada bint...