Selasa, 25 Desember 2018

Ambil Langkah #CerdasDenganUangmu Dengan Memiliki Kerja Sampingan

kerja sampingan

Setiap tahap kehidupan mempunyai masalah sendiri. Ketika seseorang belum mempunyai pekerjaan maka masalah utamanya mencari pekerjaan. Jika kamu berada ditahap ini berhati-hatilah terhadap lowongan kerja palsu, karena bukannya kamu mendapatkan pekerjaan tapi malah mengeluarkan uang karena ditipu. Kenali ciri-cirinya dengan mambaca artikelnya disini . Bagi mereka yang sudah bekerja permasalahannya lain lagi diantaranya gaji yang diterima terlalu kecil sehingga tidak mencukupi dan bayang-bayang dipecat yang selalu menghantui.

Oleh karena itu bagi kamu yang sudah bekerja sudah saatnya memikirkan kerja sampingan, dengan memiliki kerja sampingan berarti kamu punya penghasilan tambahan yang dapat menutupi kebutuhan kamu yang tidak terpenuhi dari gaji, selain itu dengan memiliki kerja sampingan kamu tidak perlu khawatir dipecat, karena kalau kamu dipecat kamu sudah punya penghasilan lain. Oleh karena itu memiliki kerja sampingan adalah langkah #CerdasDenganUangmu

Tapi banyak yang enggan memiliki kerja sampingan dikarenakan 3 alasan : 1) tidak tahu kerja sampingan apa yang akan digeluti, 2) takut mengganggu kerjaan utama, dan 3) takut gagal. Jika kamu termasuk orang yang enggan memiliki kerja sampingan karena ketiga alasan tersebut, maka kamu berada ditempat yang tepat, karena artikel ini akan memberi kamu solusi yang akan membebaskan kamu dari belenggu ketiga alasan tersebut.

A.  Jenis kerja sampingan yang bisa kamu pilih
Ketika seseorang akan memulai suatu usaha maka dia diadapkan satu pertanyaan dalam dirinya yaitu ” usaha apa yang akan saya lakukan?” Jawaban pertanyaan ini sebetulnya ada didalam dirinya yaitu dengan melihat apa yang dia punya baik itu dalam bentuk barang maupun keahlian. Menjalankan usaha yang paling menyenangkan adalah usaha yang kamu kuasai atau dengan kata lain kamu memiliki bakat dibidang yang akan kamu geluti. Berikut ini jenis kerja sampingan yang bisa kamu sesuaikan dengan bakat dan kemampuan kamu :
1.   Menjadi blogger paruh waktu
kerja sampingan
Kalau kamu suka menulis, kamu bisa menjadi blogger paruh waktu untuk menulis hal-hal yang kamu sukai dan kuasai. Dengan menguasai suatu topik kamu akan mampu membuat konten yang beda dari yang pernah dibuat orang lain, sehingga tulisan kamu akan memiliki keunikan tersendiri. Tulisan yang mempunyai keunikan sendiri banyak disukai orang. Apabila tulisan kamu banyak yang menyukai maka pengunjung blog kamu akan banyak. Blog yang mempunyai pengunjung yang banyak sangat potensial ditaruh iklan. Kamu akan punya pendapatan dari iklan yang ada di blog kamu.

2.   Bisnis menyewakan atau menjual barang
kerja sampingan
Coba perhatikan disekeliling rumah kamu, kamu pasti menemukan satu dua barang yang jarang kamu pakai, bahkan karena jarang sekali kamu pakai, kamu lupa kalau barang itu ada. Barang itu bisa kamu jual atau disewakan. Selain mengurangi barang yang membuat sumpek ruangan, kamu juga bisa mendapat penghasilan.

3.   Menjadi penulis artikel
kerja sampingan
Apabila kamu punya bakat menulis tapi malas menulis di blog sendiri kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi penulis artikel. Penulis artikel banyak dicari pemilik blog untuk menulis artikel yang akan diposting di blognya. Apabila tulisan kamu berkualitas, kamu bisa negoisasi untuk mendapatkan harga yang pantas untuk setiap artikel yang kamu tulis.

4.   Bisnis jasa les privat
kerja sampingan
Matematika dan bahasa inggris dua mata pelajaran yang banyak tidak disukai oleh pelajar. Tapi berhubung nilai pelajaran harus bagus maka mau tak mau mata pelajaran ini harus dipelajari juga. Karena waktu belajar di sekolah tidak cukup untuk membuat pelajar mampu memahaminya, maka dicarilah guru les privat. Jika kamu punya kemampuan di dua mata pelajaran ini, maka itu bisa jadi peluang kamu menambah pendapatan

5.   Bisnis jasa penitipan hewan
kerja sampingan
Jika kamu penyuka hewan maka kamu bisa membuka bisnis jasa penitipan hewan, tapi kamu harus benar-benar mengerti tentang hewan. Karena kalau kamu tidak mengerti maka kamu tidak dapat merawatnya dengan baik. Apabila kamu mampu merawatnya dengan baik, maka kemungkinan kamu mendapatkan pelanggan besar.

6.   Bisnis bungkus kado
kerja sampingan
Semua orang senang mendapatkan kado, bahkan sebelum tahu apa isi kadonya. Kadangkala luapan rasa gembira itu muncul karena bungkus kadonya yang unik, sehingga orang yang menerima kado tersebut sudah menerka-nerka pasti isinya juga sesuatu yang menarik. Jadi jika kamu punya keahlian membungkus kado, berarti peluang kamu mendapatkan penghasilan tambahan sudah terbuka.

7.   Bisnis makanan
kerja sampingan
Kamu suka kuliner? atau kamu punya makanan favorit?  Bagi kamu yang suka kuliner atau makanan favorit tentunya kamu bisa membedakan makanan yang enak dan tidak enak. Jika tidak enak apanya yang kurang, bumbunya, kualitas bahan, takaran saat pembuatan dan lainnya dengan mudah kamu ketahui. Kemampuan ini adalah peluang untuk kamu menghasilkan makanan yang enak dilidah, jangan ragu bisnis makanan untuk mendapatkan penghasilan tambahan

8.   Bisnis pakaian
kerja sampingan
Bisnis pakaian tidak ada matinya, karena semua orang perlu pakaian. Jika kamu punya keahlian desain grafis kamu bisa bisnis pakaian dengan bermodalkan desain grafis yang kamu miliki. Buat kaos dengan gambar atau kata-kata yang menarik dikalangan anak muda. Bisnis pakaian seperti itu sudah banyak yang sukses diantaranya kaos dagadu djogja, kaos jogger, dan lain sebagainya

9.   Bisnis produk kecantikan
kerja sampingan
Kamu punya keahlian meramu bahan-bahan alami? Jika kamu punya keahlian semacam itu cobalah untuk membuat produk kecantikan dengan ramuan kamu sendiri. Siapa tahu produk yang kamu ciptakan cocok bagi orang lain. Sehingga banyak yang akan mencari produk kamu, kamu tidak akan pernah tahu sebelum mencobanya.

10.       Bisnis sepatu wanita
kerja sampingan
Jika kamu wanita dan kamu penggemar sepatu maka peluang bisnis kamu sudah ada. Sepatu wanita mempunyai ceruk pasar yang besar, karena wanita menggunakan ragam sepatu dikehidupannya. Sepatu kerja, sepatu jalan-jalan, sepatu pesta, dan lain sebagainya. Agak berbeda dengan pria, kebanyakan pria menggunakan sepatunya “multi tasking”, sepatu kerja bisa juga dipakai untuk saat acara pesta. Ragam sepatu wanita ini bisa kamu ambil salah satu jenis sebagai spesialisasi kamu, tapi dengan catatan kualitas bahan bagus dan model sepatu kamu up to date, karena wanita suka rewel masalah ini.

11.       Menjadi Youtuber
kerja sampingan
Menjadi Youtuber sekarang ini menjadi pekerjaan yang populer, ini dikarenakan sudah banyak para Youtuber menjadi miliarder. Jika kamu punya minat dan keahlian dibidang membuat dan mengedit video, menjadi Youtuber bisa jadi alternatif kerja sampingan. Banyak pilihan yang bisa kamu lakukan diantaranya :
1)   Membuat video kursus musik : Jika kamu punya keahlian bermain alat musik, kamu bisa membuat video tutorial cara memainkan alat musik tersebut.
2)   Membuat video review mainan : Kalau kamu suka mainan kamu bisa membuat video review mainan yang kamu sukai, tapi sesuaikan dengan usia kamu ya. Jangan kamu mereview mainan anak usia 7 tahun sementara kamu sudah 17 tahun, kesannya jadi aneh dan lucu.
3)   Membuat video review produk otomotif : Bagi kamu yang suka otomotif, kamu bisa membuat video review hal-hal yang berkaitan dengan otomotif. Tidak harus punya sendiri, punya teman atau saudara boleh juga kamu review.
4)   Membuat video review game : Bagi kamu yang suka game, membuat video review game sangat mengasyikkan, bagaimana tidak, selain hobi kamu bisa kamu salurkan, kamu dapat uang lagi dari video review kamu.
5)   Membuat video personal trainer : Bagi kamu yang suka olahraga kamu bisa membuat video personal trainer, kamu bisa juga berkerjasama dengan toko-toko yang menjual alat olahraga

B.  Tips agar kerja sampingan tidak mengganggu kerjaan utama
Ketika kamu memutuskan untuk melakukan kerja sampingan maka upayakan jangan sampai kerja sampingan mengganggu pekerjaan utama kamu. Karena tujuan kerja sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, jangan sampai karena kesalahan kamu dalam mengelola kerja sampingan kamu malah kehilangan penghasilan utama. Untuk menghindari hal tersebut jangan sampai terjadi, kamu bisa malakukan tips-tips berikut ini :
1.   Menjadikan pekerjaan utama sebagai prioritas utama
Kamu harus mengerjakan pekerjaan utama sebaik dan secepat mungkin, jangan sampai kamu menundanya hanya karena ada juga kerja sampingan yang harus kamu kerjakan. Tempatkan pekerjaan utama sebagai prioritas utama sebagai wujud profesionalitas kamu terhadap pekerjaan yang dipercayakan kepada kamu. Kamu harus punya tekad untuk berprestasi juga dipekerjaan utama

2.   Kerjakan kerja sampingan setelah pulang kerja
Setiap pekerjaan memerlukan fokus pikiran dan waktu untuk menyelesaikannya, oleh karena itu kerjakan kerja sampingan setelah pulang kerja  agar kamu punya satu fokus pikiran saja. Pekerjaan yang dikerjakan dengan fokus penuh akan menghasilkan hasil yang lebih baik daripada dengan fokus yang terpecah. Perbedaan antara pekerjaan utama dengan kerja sampingan hanya terletak diwaktunya saja, untuk fokus pikiran keduanya membutuhkan porsi yang sama.

3.   Jangan terlalu banyak mengerjakan kerjakan sampingan
Seperti yang sudah disebutkan di atas setiap pekerjaan membutuhkan fokus pikiran dan waktu, oleh karena itu jangan terlalu banyak mengambil kerja sampingan. Kamu harus pertimbangkan juga waktu istirahat, jika tidak uang yang kamu kumpulkan bersusah payah mengerjakan berbagai kerja sampingan akhirnya habis untuk biaya pengobatan. Kesehatan harus tetap diperhatikan, karena kesehatan adalah harta yang paling berharga

4.   Melakukan kerja sama dengan orang lain
Ketika kerja sampingan yang kamu rintis mulai tumbuh, maka diperlukan juga waktu, tenaga, dan pikiran yang lebih juga untuk mengelolanya. Jika kamu berhadapan dengan kondisi ini maka kamu harus mencari orang lain untuk membantu kamu. Tentu saja orang tersebut orang yang bisa kamu percaya baik dari segi karakter maupun kemampuannya dalam menangani bisnis kamu. Jangan memaksakan diri menghandle suatu usaha yang tidak bisa kamu handle sendiri, karena itu akan menghasilkan kualitas pengelolaan yang buruk. Banyak orang yang gagal dalam bisnis justru disaat bisnisnya sedang tumbuh, dikarenakan tidak mampu memberikan kepuasan kepada konsumennya yang semakin bertambah.

C.  Mengatasi rasa takut gagal
Takut gagal adalah manusiawi, justru kalau ada orang yang tidak takut gagal yang tidak manusiawi, itu nekad namanya. Rasa takut gagal membuat orang dalam mengerjakan sesuatu tidak asal-asalan, melalui proses pemikiran yang mendalam, dan direncanakan sebaik mungkin. Demikian halnya ketika kamu sudah membuat perencanaan bisnis yang matang terhadap kerja sampingan yang kamu geluti, namun akhirnya kamu mengalami kegagalan. Jangan putus asa, apalagi menyerah dengan kegagalan yang kamu alami. Banyak pengusaha sukses yang mengalami kegagalan terlebih dahulu, sebelum ia menikmati kesuksesan, salah satunya Sudono Salim  . Agar kamu mempunyai “kekuatan” untuk bangkit dari kegagalan bisnis, bacalah kisah-kisah pengusaha sukses yang pernah mengalami kegagalan, atau menonton film yang mengajarkan bangkit dari kegagalan misalnya film Pursuit of Happyness 

Jadi sekarang keputusan ada ditangan kamu, apakah kamu tetap bertahan dengan gaji yang tidak mencukupi atau mencari kerja sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika keputusan kamu mencari kerja sampingan jangan takut untuk gagal, karena orang yang belajar dari kegagalan akan menemukan kesuksesan yang sejati. Lagi pula kesuksesan yang diperoleh dari kegagalan rasanya lebih manis, semanis madu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEDIH

  Ia ceritakan kepada malam Sebuah kisah yang kelam Ketika hati menjadi ulam Mengenang cinta yang suram   Ia ceritakan kepada bint...