Sabtu, 15 Desember 2018

Jaga Kesehatan Tubuh Dengan Memperbanyak Makan Sayur dan Buah

manfaat sayur dan buah

Apakah kamu tidak suka makan sayur? Kalau jawabannya iya berarti kamu dan saya ada persamaan sekaligus perbedaan. Persamaannya, saya dan kamu sama-sama tidak suka makan sayur. Makan sayur bagi saya merepotkan, harus mengunyah agak lama baru bisa ditelan. Sedangkan perbedaannya, saya tidak suka makan sayur itu dulu kalau sekarang saya malah suka sekali sayur, bahkan terkesan rakus. Sehabis makan kalau masih ada sisa sayur, saya habiskan dengan makan gitu aja tanpa nasi


Manfaat Sayur dan Buah

manfaat sayur dan buah
Penyakit Bell's Palsy, sumber : hello sehat.com

Perubahan saya dari tidak suka makan sayur menjadi suka makan sayur dilatar belakangi penyakit yang pernah saya derita, nama penyakitnya bell’s palsy. Bell’s Palsy adalah penyakit yang menyebabkan kelumpuhan pada salah satu sisi otot wajah. Saya mengalami kelumpuhan otot wajah disebelah kanan.

Saya lalu pergi ke rumah sakit, di rumah sakit dokter yang pertama saya temui dokter spesialis syaraf. Dokter spesialis syaraf menjelaskan penyakit bell’s palsy terjadi karena adanya penekanan pada syaraf dibelakang telinga, hal ini disebabkan oleh virus. Lalu dokter tersebut menuliskan resep obat untuk saya. Dari dokter spesialis dokter syaraf saya dianjurkan untuk menjalani terapi. Dibagian terapi inilah perubahan itu terjadi. Setelah saya sampai di ruangan terapi saya diarahkan menemui dokter terlebih dahulu sebelum diterapi.

Dokter dibagian terapi menjelaskan penyakit bell’s palsy ini penyakit yang bisa disembuhkan, lama penyembuhannya kurang lebih 2 bulan. Namun penyakit ini bisa disembuhkan dengan syarat minum obat dari dokter syaraf, rajin terapi dan makan makanan bergizi. Saya dianjurkan terapi 3 kali seminggu pada bulan pertama, setelah itu 2 kali seminggu di bulan kedua.

Persoalan terapi tidak jadi masalah, namun ketika membahas tentang makanan bergizi, dokter bertanya kepada saya “Anda suka makan sayur dan buah?”. Saya gelagapan mendengar pertanyaan ini, pertanyaan ini seakan-akan pertanyaan membuka aib. “Nggak Dok” jawab saya pelan. Lalu dokter tersebut menyarankan saya untuk makan sayur dan buah untuk menambah daya tahan  tubuh.

Karena ingin cepat sembuh semua saran dokter saya kerjakan, minum obat teratur, terapi terjadwal, dan makan sayur dan buah. Awalnya memang susah, lama kelamaan jadi terbiasa. Kalau kamu sekarang tidak suka makan sayur dan buah, saya sarankan ubahlah kebiasaan itu. Jangan sampai terkena penyakit dulu, baru mau berubah. Jangan sampai kamu terkena penyakit seperti saya, sakit itu tidak enak.

Manusia itu memang makhluk yang aneh. Ketika sakit ia berupaya sekuat tenaga untuk menjadi sehat, termasuk menjual segala harta benda yang ia miliki. Tapi ketika ia sehat ia tidak mau mencegah agar penyakit tidak menyerang tubuhnya, bahkan untuk melakukan hal sangat mudah sekalipun yaitu makan sayur dan buah. Siapapun tidak akan membantah sayur dan buah bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, namun anehnya belum tentu semua mau makan sayur dan buah. Dan yang lebih parah lagi masih banyak orang Indonesia yang kurang suka makan sayur dan buah (cantik.tempo.co, 23 April 2018).


manfaat sayur dan buah

manfaat buah dan sayur
Generasi Makan Sayur dan Buah, sumber : cantik.tempo.co

Golongan usia yang susah makan sayur adalah usia anak-anak, menurut Psikolog Keluarga, Ayoe Sutomo, M.Psi hal ini disebabkan oleh 7 (tujuh) faktor penyebab (viva.co.id, 18 Nopember 2016). Pertama, anak tidak dikenalkan dan tidak dibiasakan. Kedua, orangtua juga tidak suka makan sayur dan buah. Ketiga,  orangtua kurang memahami pentingnya makan sayur dan buah. Keempat, tampilan dan rasa kurang menarik. Kelima, pengalaman tidak enak dengan sayur dan buah. Keenam, adanya gangguan sensori dan masalah dalam mengunyah. Ketujuh, repot menyiapkan atau mengolah sayur dan buah.

Dari 7 (tujuh) penyebab anak tidak suka makan sayur diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penyebab anak tidak suka makan sayur lebih dominan disebabkan oleh orangtuanya, tanpa bermaksud menghakimi orangtua. Tapi dari sini pelajaran yang bisa diambil adalah kebiasaan baik dan buruk si anak adalah dipengaruhi oleh orangtua. Mudah-mudahan orangtua yang membaca tulisan ini bisa terbuka hati dan pikirannya untuk membiasakan hal-hal yang baik untuk anaknya, termasuk dalam membiasakan makan buah dan sayur.

Lalu apa yang harus dilakukan jika anak sudah terlanjur tidak suka makan sayur dan buah?. Jawaban pertanyaan ini mudah, tapi susah untuk menjalankannya. Jawaban pertanyaan tersebut adalah orangtua harus punya trik utuk mengatasinya. Adapaun trik yang bisa dicoba orang tua antara lain :
1.   Menyisipkan sayuran ke dalam makanan favorit anak : Sisipkan lembaran sayur atau potongan sayur ke dalam makanan favorit anak. Dalam porsi kecil dulu, nanti lama kelamaan porsinya ditambah secara bertahap.
2.   Mengolah sayuran menjadi camilan : Ganti camilan anak dengan sayuran. Misalnya membuat brokoli yang digoreng tepung, atau membuat bayam menjadi keripik. Selain sehat camilan ini akan mengakrabkan rasa sayur dilidah anak.
3.   Mencampur sayur ke dalam jus buah : Ketika membuat jus buah campurkan dengan sedikit sayuran. Cara ini untuk menyamarkan rasa sayuran yang tidak disukai anak. Tambahkan porsi sayuran secara bertahap, agar anak terbiasa dengan jus buah yang dicampur dengan sayuran
4.   Memasak sayuran dengan cara memanggang atau membakarnya : Kalau anak tidak suka makan sayur yang diolah dengan cara berkuah, cobalah untuk memanggang atau membakarnya. Sayuran yang enak dipanggang terung, tomat, jamur, jagung, dan bawang bombay. Buat seperti memanggang sate.
5.   Menyediakan buah ditempat bermain anak : Potong buah dengan bentuk yang menarik, lalu taruh dipiring. Taruh didekat anak biasa bermain, nanti ketika dia lelah bermain ia akan lapar dan haus, buah yang ada akan menarik perhatiannya karena bentuknya yang unik, lalu karena ia haus dan lapar akan mencoba melahapnya.
6.   Orang tua menjadi contoh bagi anak : Anak suka meniru orangtuanya, manfaatkan sifatnya ini untuk membiasakan anak makan buah dan sayur. Ajaklah anak makan buah dan sayur, buat seperti perlombaan agar ia terpacu makan lebih cepat dan banyak. Inilah cara termudah untuk membiasakan anak makan sayur dan buah

Hal-hal diatas memang kelihatan mudah, tapi sebenarnya sulit untuk dilakukan secara konsiten.  Oleh karena itu disini dituntut kemauan keras orangtua untuk membiasakan anak makan sayur dan buah. Disamping itu orangtua juga harus punya pengetahuan tentang manfaat sayur dan buah. Adapun manfaat sayur dan buah bagi tubuh antara lain :
1.   Menurunkan tekanan darah : Buah dan sayur memiliki kandungan yang mampu menurunkan tekanan darah, seperti buah pisang, kentang, buah bit, wortel serta buah dan sayur lain yang mengandung kandungan potasium yang cukup tinggi.
2.   Menurunkan kadar kolesterol : Kadar kolesterol bisa diturunkan dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur. Diantaranya adalah buah pear, sayur bayam,  dan sayur labu.
3.   Meningkatkan sistem kekebalan tubuh : Buah dan sayuran  mampu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Hal tersebut dikarenakan pada buah dan sayur memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.
4.   Menyehatkan dan menguatkan gigi dan tulang : Buah dan sayur juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mampu menjaga kesehatan tulang serta gigi. Buah dan sayur yang mengandung kandungan kalsium yang tinggi seperti bayam, sayur kale, dan jenis lobak.
5.   Mengatasi masalah obesitas : Buah dan sayuran memiliki kandungan serat yang cukup banyak sehingga dapat membantu mengurangi atau menunda rasa lapar. Hal ini tentu membantu untuk mengurangi frekuensi dan porsi makan.
6.   Membantu melancarkan buang air besar : Sayuran serta buah-buahan banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat yang terkandung dalam sayur dan buah mampu melancarkan ekskresi dalam tubuh.
7.   Mencegah jantung koroner : Buah dan sayur mayur mampu mengurangi kadar sistein, dimana sistein adalah zat yang mampu meningkatkan risiko penyakit jantung. Zat yang terkandung dalam sayur mayur dan buah diantaranya yaitu vitamin, mineral, magnesium, asam folat, dan zinc. Senyawa-senyawa tersebut mampu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.
8.   Mencegah penyakit kolagen : Buah dan sayuran mampu mencegah penyakit persendian, misalnya sendi kaku.
9.   Mencegah penyakit kanker : Buah maupun sayuran yang mengandung senyawa antosianin dan lycophene mampu mengatasi kanker.
10.       Sumber utama antioksidan : Buah dan sayur merupakan salah satu sumber utama antioksidan. Hal ini membuat buah dan sayur mampu mengatasi radikal bebas yang terjadi di dalam tubuh akibat adanya polusi lingkungan. Radikal bebas mampu merusak sel-sel dalam tubuh. Beberapa buah dan sayur yang kaya antioksidan diantaranya yaitu apel, sirsak, tomat, dan sebagainya.

Pengetahuan tentang manfaat buah dan sayur penting bagi orangtua, karena dengan mengetahui manfaat buah dan sayur orangtua bisa memberikan pemahaman bagi anak tentang pentingnya buah dan sayur bagi kesehatan tubuh. Orangtua yang memiliki pengetahuan tentang manfaat buah dan sayur juga akan berusaha membiasakan anaknya untuk makan buah dan sayur, karena ia tidak ingin anaknya sakit. Dari para orangtua seperti inilah nantinya yang akan melahirkan generasi yang sehat. Apabila tubuh anak sehat maka ia akan tumbuh dengan baik sehingga ia mudah meraih cita-citanya, sehingga ia dapat mencapai kehidupan yang lebih baik. Generasi sehat adalah generasi yang suka makan buah dan sayur.


manfaat sayur dan buah

manfaat buah dan sayur
Berkebun di Pekarangan Rumah, sumber : snhadi.wordpress.com
Dari mana Anda mendapatkan pasokan sayur dan buah untuk keluarga?. Jika jawabannya dari pasar, kenapa Anda tidak mencoba menanam sayur dan buah sendiri dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang ada?. Menanam sayur dan buah sendiri atau dengan kata lain berkebun mempunyai banyak manfaat, diantaranya manfaat dari segi kesehatan, manfaat dari segi ekonomi, dan manfaat dari segi lingkungan.
1.   Manfaat berkebun dari segi kesehatan : Kegiatan berkebun dapat membakar kalori, hal ini  berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh para ilmuwan Korea Selatan (id.theasianparent.com, Nopember 2016). Mereka memonitor intensitas fisik pada 17 anak berusia 12 tahun ke atas ketika melakukan kegiatan berkebun seperti menggali tanah, menabur benih, menyiram dan menyapu. Kemudian sebuah alat bernama telemetric calorimeters dihubungkan ke tubuh anak-anak tersebut untuk mengukur jumlah kalori dalam tubuh sesudah berkebun. Begitu juga sebuah monitor untuk menghitung detak jantung. Hasilnya, kalori dalam tubuh anak-anak terbakar lebih banyak saat mereka berkebun, dan detak jantung mereka pun menjadi lebih teratur. Disamping itu kegiatan berkebun juga bisa menghilangkan stress dan menyegarkan pernapasan, karena tanaman mengeluarkan oksigen.

2.   Manfaat berkebun dari segi ekonomi : Dengan berkebun mengurangi pengeluaran, karena tidak perlu lagi membeli buah dan sayur. Disisi lain dengan berkebun bisa mendatangkan pemasukan dengan menjual buah dan sayur dari hasil berkebun.

3.  Manfaat berkebun dari segi lingkungan : Kegiatan berkebun berhubungan langsung dengan alam sehingga melahirkan rasa cinta terhadap lingkungan. Berkebun akan membuat pekarangan menjadi segar dan sejuk, jadi secara tidak langsung mempunyai perananan dalam menciptakan lingkungan yang sehat

Jika Anda ingin memulai berkebun sayur dan buah pastikan Anda mencari benih buah dan sayur yang bagus, benih yang bagus akan menghasilkan tanaman yang bagus. Benih buah dan sayur yang bagus yang layak Anda coba adalah benih Cap Panah Merah. Kenapa harus memakai benih buah dan sayur Cap Panah Merah?. Dikarenakan ada 5 alasan :
·        Alasan pertama, berpengalaman : Cap Panah Merah merupakan produk dari PT East West Seed Indonesia (EWINDO), perusahaan ini sudah lebih dari dua dekade menyediakan benih yang sehat dengan kemurnian genetika tinggi serta daya kecambah yang baik untuk mendapatkan hasil yang tinggi sesuai dengan permintaan konsumen dan menjadi kunci sukses petani indonesia.
·        Alasan kedua, berkualitas : Benih Cap Panah Merah dikerjakan oleh tenaga ahli profesional yang telah berpengalaman di bidang pemuliaan tanaman dan perbenihan.
·        Alasan ketiga, lengkap : Benih Cap Panah Merah mempunyai 23 kategori produk, dimana kategori ini dibagi lagi menjadi beberapa produk. Setiap produk dilengkapi panduan budidayanya, sehingga dijamin berhasil ketika menanamnya.
manfaat sayur dan buah
Kategori Produk Benih Cap Panah Merah, sumber : panahmerah.id

·        Alasan keempat, ada panduan dan tipsnya : Website Cap Panah Merah menyediakan beberapa panduan dan tips, diantaranya resep mengolah buah dan sayuran, pengendalian hama dan penyakit, panduan budidaya tanaman, dan berbagai tips yang berkaitan dengan sayur dan buah
·        Alasan kelima, banyak video testimoninya : di websitenya banyak testimoni petani yang menggunakan benih Cap Panah Merah, mereka puas dengan hasil produksi dari benih cap panah merah
·        Alasan keenam, sahabat petani yang paling baik : Selalu dekat dengan petani untuk membimbing dan mendorong mereka agar menjadi petani sukses dan memecahkan permasalahan bersama-sama. Bersedia mengunjungi dan melayani petani apapun kondisinya.
manfaat sayur dan buah
Contoh Benih Cap Panah Merah

Untuk tahu informasi lebih banyak tentang Cap Panah Merah bisa melalui website dan media sosial Cap Panah Merah berikut ini :

Website

Media Sosial

Untuk mendapatkan benih Cap Panah Merah Anda bisa mendatangi toko-toko pertanian, atau memesannya melalui kontak Cap Panah Merah berikut ini :

Telepon dan Fax
Telepon: +62 264 201871 / +62 22 3000 2010 
Fax: +62 264 201875 / +62 22 3000 2019 

Alamat Pos
PT EAST WEST SEED INDONESIA
Desa Benteng, Kecamatan Campaka
, Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia 41181

Kesimpulan
Buah dan sayur mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk suka makan buah dan sayur dengan membiasakannya dari kecil, oleh karena itu butuh dukungan orang tua untuk membiasakannya. Agar pasokan sayur dan buah selalu tersedia dengan menanamnya sendiri. Menciptakan generasi sehat melalui suka makan buah dan sayur, generasi sehat mudah meraih cita-cita sehingga tercipta kehidupan yang lebih baik.

Referensi :                                                       
www. cantik.tempo.co

Gambar Cover : www.dinkes.malangkota.go.id







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEDIH

  Ia ceritakan kepada malam Sebuah kisah yang kelam Ketika hati menjadi ulam Mengenang cinta yang suram   Ia ceritakan kepada bint...